Puluhan Gajah Liar di PALI Turun ke Jalan

Puluhan gajah liar saat terekam oleh kamera warga. (Foto-Istimewa)

PALI, KoranSN

Puluhan gajah liar tampak ke luar ke jalan lintas di Kabupaten PALI, tepatnya berada di wilayah Desa Simpang Solar, Kecamatan Talang Ubi di Unit 8 kawasan PT Musi Hutan Persada (MHP).

Akibatnya, warga Bumi Serepat Serasan sempat heboh. Bahkan puluhan gajah tersebut sempat diabadikan salah satu warga setempat dengan merekamnya melalui ponsel.

Dengan durasi 30 detik terlihat dalam video itu, segerombolan gajah ini menyebranggi jalan, dan salah satu induk gajah sempat berhenti dan matanya melihat ke arah warga yang merekam video tersebut.

Menurut salah satu pekerja di sekitar lokasi, yang namanya tidak mau ditulis ini mengatakan, jika segerombolan gajah itu melintasi lokasi tersebut sekitar puluk 17.45 WIB, saat dirinya hendak melintas di jalan yang dilintasi segerombolan gajah liar tersebut.

Baca Juga :   Ratusan Massa Serang Kantor KPUD Lubuklinggau

“Gajah tersebut ada sekitar 50 ekor, terdiri dari induk dan anak. Saat melintas di Jalan Unit 8 kita tidak boleh mendekatinya karena apabila didekati maka gajah ini akan mengejar kita Pak, jadi tidak berani untuk lebih dekat lagi,” ujarnya.

Sedangkan Arlin, salah satu warga setempat mengungkapkan, bahwa segerombolan gajah tersebut sudah sering bekeliaran di wilayah yang sama. Namun tidak merusak tanaman milik warga ataupun perusahaan, lantaran hanya menjadikan lokasi tersebut perlintasan.

“Jadi sifat gajah ini, kalau dia sudah melintas disana, maka akan kembali melintas kembali di jalur yang sama. Sejauh ini belum ada kebun warga yang dirusak segerombolan gajah ini,” tambahnya.

Baca Juga :   Jembatan Amblas Diperbaiki Usai 2 Truk Penyebab Jalintim OKI Lumpuh Dievakuasi

Sementara, Kepala Seksi Konservasi Wilayah II Lahat Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sumatera Selatan, Martialis Puspito mengatakan, bahwa gajah memang menjadi ciri khasnya menjadi sebuah gerombolan apabila berjalan.

“Biasanya memang segerombolan gajah ini menjadikan tempat tersebut sebagai rute melintas dan akan selalu melewati tempat yang sama. Kita akan konunikasikan dengan PT MHP, karena memang lokasi tersebut merupakan kawasan Hutan Lindung (HL,red),” jelasnya. (ans)

Publisher : Apriandi

Avatar

Lihat Juga

Bupati OKI, Mahasiswa dan Petani Cari Solusi Konflik Lahan & Bansos Covid-19

Kayuagung, KoranSN Bupati Ogan Komering Ilir (OKI), H Iskandar SE menggelar dialog dengan perwakilan mahasiswa …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.