Puluhan Warga Desa Embacang Muara Enim Minta Ulang Pilkades





Puluhan Warga Desa Embacang melakukan aksi  di halaman kantor Pemkab Muara Enim dalam tuntutannya massa meminta ulang Pilkades-
Puluhan Warga Desa Embacang melakukan aksi di halaman kantor Pemkab Muara Enim dalam tuntutannya massa meminta ulang Pilkades. Foto-sn/yudi pranata.

Muara Enim,SN
Massa yang ditaksi sekitar 50 orang yang berasal dari perwakilan warga Desa Embacang Kecamatan Kelekar, bersama Dewan Pengurus Pusat Aliansi Mahasiswa dan Pemuda Sumatera Selatan melakukan aksi di halaman Kantor Pemkab Muara Enim, Kamis (8/10) sekitar pukul 09.00 wib.

Dalam aksinya, Koordinator Aksi Rohadi didampingi Koordinator Lapangan Ridwan menuntut agar pelaksanaan Pilkades di Desa Embacang untuk diulang diduga terjadi politik uang.

“Kami minta pihak instansi terkait agar turun kelapangan melakukan  investigasi untuk mengetahui kebenarannya jangan hanya terima laporan saja,” tegas keduanya.

Baca Juga :   Peringatan HUT OKI Pindah ke GOR

Menurut Rohadi, dari laporan masyarakat dan investigasi serta observasi tim Aliansi Mahasiswa dan Pemuda Sumsel bersama masyarakat Peduli Pilkades, pihaknya menemukan adanya dugaan politik uang  pada saat pelaksanaan pemilihan Kepala Desa di Desa Embacang, Kecamatan Kelekar, Kabupaten Muara Enim.

Atas dugaan tersebut, sesuai dengan UU No 39 tahun 1999 tentang HAM, UU No 6 tahun 2014 tentang Desa, Perda Kabupaten Muara Enim No 5 tahun 2000 bab V pasal 11, dan Peraturan Pemerintah No 43 tahun 2014 tentang pelaksanaan UU No 6 tahun 2014, maka pihaknya meminta Bupati Muara Enim, untuk menunda pelantikan Kades terpilih Desa Embacang.

Baca Juga :   Kejari Muara Enim Gelar Donor Darah

“Kami minta  Kepada BPMPD untuk melakukan investigasi dan meminta agar dilakukan pemilihan ulang Kades Embacang,”ungkapnya.

Sementara itu Sekda Muara Enim Hasanudin dihadapan massa menyampaikan,  kalau dirinya baru mengetahui adanya permasalahan tersebut. Oleh sebab itu,  pihaknya berjanji akan membentuk tim kabupaten untuk turun kelapangan melakukan crosschek tentang dugaan politik uang terkait pelaksanaan pilkades yang telah berlangsung. (yud)

Publisher : Ferdin Ferdin

Pewarta Harian Suara Nusantara, www.koransn.com, Mingguan Suara Negeriku.

Lihat Juga

Enos Gotong Royong dan Main Motocross di Jumat Berkah

Martapura, KoranSN Hari Jumat yang penuh berkah, Bupati OKU Timur H. Lanosin Hamzah, S.T turut …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.