Puluhan Warga Jambi Jadi Gepeng di Gelumbang







Para pengemis adal Kabupaten Jambi saat menyusuri jalan di Gelumbang untuk mengais rezeki. (foto-andifatra/koransn.com)

Prabumulih, KoranSN

Keberadaan puluhan warga yang mengaku dari Simpang Lima Provinsi Kabupaten Jambi terlihat menjadi gelandangan dan mencari penghidupan dengan cara mengemis alias menjadi gepeng di wilayah Kabupaten Gelumbang Sumsel.

Keberadaan mereka sudah sepekan, dan mereka berkelompok dari mulai ibu-ibu yang sudah tua, ada yang sudah tua renta ,pria dewasa bahkan anak-anak yang tidak berbaju. Mereka berkelompok dan kerjaannya meminta-minta dengan menelusuri jalan kawasan gelumbang dan sekitarnya.

Salah seorang warga Gelumbang, Usman mengatakan, sudah hampir sepekan lebih mereka ada diwilayah Gelumbang Kabupaten Muaraenim ini kelihatan dilapangan mereka kumuh, kusam, dan ironisnya ada anak-anak yang tidak berbaju mengikuti dari belakang dengan membawa sebuah ember kecil alat yang digunakan untuk mengais rezeki kepada para dermawan. “Ini sudah menjadi pemandangan sehari-hari dalam sepekan lebih ini khususnya di Gelumbang,”ujar Usman, Rabu (14/11/2018).

Ketua Presidium Pemekaran Kabupaten Gelumbang H Rani Kodim menyebutkan , seharusnya pihak Dinas Sosial Pemerintah Daerah dalam hal ini cepat dan tanggap mengatasi para gepeng atau pengemis

”Kadang kita melihatnya kasihan, namun kita seharusnya lebih mengutamakan masyarakat luas ,karena ini menyangkut kenyamanan masyarakat, bila perlu kita jemput bola untuk di tindak tegas namun dengan bijak dan arif,” kata Rani Kodim .

Hal senada juga dikatakan Anggota DPRD dapil 3 Kabupaten Muara Enim, Verra Erika SH, Rabu (14/11/2018), para gepeng tersebut sebaiknya cepat diatasi oleh pemerintah terkait yakni Dinsos seraya mengatakan akan berkordinasi Pemerintah agar ditertibkan dan mencarikan jalan keluar yang terbaik.

Baca Juga :   Perangkat Tilang Elektronik Dipasang di 3 Titik di Muara Enim

Pantauan Suara Nusantara di lapangan, para pengemis tersebut mereka berpindah pindah tempat dari satu tempat ke tempat yang lain untuk mencari penghidupan. Namun mirisnya belum ada tindakan pihak pemerintah dalam hal ini. (and)







Publisher : Awid Durrohman

Lihat Juga

Peluncuran Pemilihan Bupati dan Wabup Dihadiri Ribuan Masyarakat Empat Lawang

Empat Lawang, KoranSN Komisi Pemilihan Umum (KPU) Empat Lawang menggelar Peluncuran Pemilihan Bupati dan Wakil …

error: Content is protected !!