Puncak Panas Diprediksi Capai 35 Derajat





ilustrasi-BMKG

Palembang, SN

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi puncak ambang batas panas yang akan terjadi di Kota Palembang mencapai suhu 35 derajat celcius. Demikian diungkapkan Kasi Data dan Informasi BMKG Kenten Palembang , Indra Purnama, Kamis (2/7).

“Ambang Batas ini akan terjadi pada bulan Agustus sampai September,” katanya.

Dijelaskannya, saat ini Sumatera Selatan (Sumsel) sudah memasuki musim kemarau, namun untuk suhu masih normal yaitu masih antara 33-34 derajat. Sedangkan panas yang dirasakan saat ini dikarenakan berkurangnya pertumbuhan awan, serta meningkatnya aktivitas penggunaan lahan sehingga serapan panas pun berkurang.

“Karena itu, panas yang dirasakan saat ini sangat menyengat, padahal suhu masih tergolong normal,” jelasnya.

Ia menambahkan, dengan kondisi saat ini dikhawatirkan titik hot spot meningkat sehingga menyebabkan kebakaran hutan dan kemudian menjadi kabut asap.

Baca Juga :   Jalan Srijaya Negara Diuji Coba One Way

“Tidak menutup kemungkinan kabut asap yang terjadi beberapa tahun lalu akan terulang lagi di tahun ini,” tandasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Palembang, dr Anton Suwindro melalui Kabid Pengendalian Masalah Kesehatan (PMK) Dinkes Palembang, dr Afrimelda mengatakan, panas yang dirasakan saat ini dapat berdampak buruk bagi kesehatan , seperti; kekurangan cairan, kulit menjadi kering, penyakit yang disebabkan debu seperti penyakit pernapasan.

Untuk pencegahannya sendiri, sambung dr Afrimelda, diperlukan prilaku hidup sehat. “Jika memang tidak ada urusan yang mendesak lebih baik tidak usah keluar rumah, namun jika memang mendesak harus lebih banyak mengkonsumsi air pada saat saur,” katanya.

Ia menghimbau, masyarakat agar lebih waspada terhadap penyakit yang disebabkan oleh panas ini. Dirinya juga menghimbau masyarakat agar lebih banyak mengkonsumsi air, karbohidrat, vitamin, dan protein agar tahan tahan tubuh semakin baik.

Baca Juga :   Sumsel Bisa Tes Mandiri di BBLK Palembang, Penanganan Covid-19 Jadi Lebih Cepat

“Karbohidrat didapatkan dari mengkonsumsi nasi, untuk vitamin diperlukan vitamin A yang didapat dari sayur serta vitamin C yang didapat dari buah-buahan. Sedangkan untuk protein tidak perlu mengkonsumsi daging, cukup dengan mengkonsumsi tempe, tahu dan telur,” pungkasnya. (wik)







Publisher : Ferdin Ferdin

Pewarta Harian Suara Nusantara, www.koransn.com, Mingguan Suara Negeriku.

Lihat Juga

Perkuat Peran Pembentukan Produk Hukum Daerah, Kakanwil Ilham Djaya Sambangi Dirjen Peraturan Perundang-undangan

Palembang, KoranSN Dalam rangka memperkuat peran Kanwil Kemenkumham Sumsel dalam fasilitasi pembentukan produk hukum daerah, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!