Pusat Perbelanjaan di Lubuklinggau Penyumbang Kemacetan Lalulintas

Kawasan depan pusat perbelanjaan modern salah satu penyumbang kemacetan lalulintas di Kota Lubuklinggau. (foto-rifat/korasnn.com)

Lubuklinggau, KoranSN

Kehadiran pusat perbelanjaan modern seperti salah satu tempat perbejanjaan terbesar yang berada di dipinggir jalan umum Kota Lubuklinggau memang sangat dibutuhkan baik oleh pemerintah maupun masyarakat setempat.

Namun sayangnya dibalik itu ternyata keberadaan gedung megah yang dianggap kurangnya penataan tersebut, sering menimbulkan masalah baru yakni penyumbang kemacetan lalulintas.

Terungkapnya masalah kemacetan tersebut saat berlangsungnya Rapat Koordinasi (Rakor) Forum Lalulintas dan Angkutan Jalan Kota Lubuklinggau, bertempat di Aula Bag Ops Polres Lubuklinggau, Selasa
(16/1/2018).

Rapat yang dipimpin Kapolres Lubuklinggau AKBP Sunandar didampingi Waka Polres Kompol Andi Kumara dan Kepala Dinas Perhubungan Abu Ja’at itu dihadiri intansi terkait seperti Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan HM Hidayat Zaini, Kasat Pol PP Elbaroma, Kepala Dinas PU H Nobel Nawawi, Kabag Hukum Setda Pemkot Lubuklinggau Hendri Hermani dan perwakilan pusat pembelanjaan setempat.

“Kendati belum kronis, kemacetan lalulintas sering terjadi didepan Plaza tersebut, pasalnya dikawasan ini, khususnya depan Plaza lebih disebabkan adanya kendaraan masuk keluar hanya menggunakan satu pintu,“ ujar Kapolres usai memimpin Rakor tersebut.

Tadi saat rapat, sambung Kapolres, ia sudah banyak mendapatkan masukan berharga dari peserta rapat terkait masalah lalulintas di Kota Lubuklinggau tersebut.

“Terus terang saya menyampaikan apresiasi kepada peserta rapat, karena banyak mendapatkan masukan sangat berharga dan kedepan akan terus dibahas, dikaji guna dicarikan solusinya,“ ujarnya.

Setelah itu lanjutnya, melalui Dinas Instansi terkait yang tergabung dalam Forum Lalulintas dan Angkutan Jalan Kota Lubuklinggau tersebut akan dikeluarkan rekomendasi kepada pihak yang telah menyebabkan kemacetan itu.

Baca Juga :   Parpol Diwarning Tak Curi Start Kampanye

“Rekomendasi itu harus mereka patuhi, karena sifatnya untuk kelancaran bersama baik sebagai pelaku usaha dengan pengguna jalan raya,“ tegasnya.

Sementara itu Kepala Dinas PU Kota Lubuklinggau, H Nobel Nawawi menambahkan kalau dari kondisi jalan yang ada, tidak ada masalah, hanya masalah penataan masuk keluarnya kendaraan tersebut.

Menurutnya, semula menduga kendaraan masuk dan keluar Lippo Plaza lokasi berbeda, dimana kendaraan keluar lewat pintu belakang, namun kenyataannnya tidak, akibatnya terjadi kemacetan.

“Faktor lain juga akibat prilaku pengguna jalan, terkadang sembarangan memakirkan kendaraannnya,” tandasnya. (rif)







Publisher : Awid Durrohman

Lihat Juga

Balon Wako Alpian Resmi Menggandeng Safrudin Cawawako Pagaralam

Pagaralam, KoranSN Menghadapi Pemilihan Kepala Daerah (Pikada) Kota Pagaralam periode 2024-2029, Balon Walikota dan Wakil …

error: Content is protected !!