Puskesmas Ramah Anak Indikator Kabupaten/Kota Layak Anak

Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra, H. Teguh Jaya membuka Pelatihan Pengembangan Model Puskesmas Ramah Anak di Kabupaten Muara Enim Tahun 2020, di Ballroom Hotel Griya Sintesa, Muara enim.(foto-istimewa)

Muara Enim, KoranSN

Puskesmas Ramah Anak merupakan salah satu indikator Kabupaten/Kota Layak Anak. Sebab pelayanan Ramah Anak di Puskesmas menjalankan fungsi berdasarkan empat prinsip perlindungan anak, yakni; non diskriminasi, kepentingan terbaik bagi anak, hak untuk hidup dan kelangsungan hidup serta penghargaan terhadap pendapat anak.

Demikian dikatakan Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra, H Teguh Jaya dalam kegiatan Pelatihan Pengembangan Model Puskesmas Ramah Anak di Kabupaten Muara Enim Tahun 2020, di Ballroom Hotel Griya Sintesa, Muara Enim, Selasa (25/2/2020).

Dikatakan Teguh, Pemerintah Kabupaten Muara Enim melalui Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak telah mendesain dan mensosialisasikan sebuah sistem dan strategi pemenuhan hak-hak anak, yang terintegrasi dan berkelanjutan dengan mengembangkan kebijakan Kabupaten Layak Anak (KLA).

Baca Juga :   Bolos Sekolah, 3 Siswi SMP Mabuk Obat Batuk

“Kebijakan KLA bertujuan untuk mensinergikan sumber daya pemerintah, masyarakat dan dunia usaha. Sehingga pemenuhan hak-hak anak Indonesia dapat lebih dipastikan. Untuk mewujudkan KLA, salah satu hal utama yang harus diterapkan adalah Puskesmas Ramah Anak,” terang Teguh.

Masih dikatakan Teguh, Puskesmas memiliki peran penting dalam pemenuhan hak anak atas kesehatan sehingga penyelenggaraan Puskesmas Ramah Anak yang merupakan salah satu indikator Kabupaten/Kota Layak Anak, harus dilakukan secara proaktif di Kabupaten Muara Enim.

Dengan mengedepankan pelayanan yang ramah kepada anak, baik kepada anak yang sedang berobat ataupun anak sehat yang sedang berkunjung ke Puskesmas. Kualitas sumber daya manusia dimasa yang akan datang juga ditentukan dengan kualitas pelayanan publik yang diberikan oleh pemerintah yang menjamin kesehatan anak. Hal ini sejalan dengan Visi Kabupaten Muara Enim yaitu “Muara Enim untuk Rakyat, MERAKYAT yang Agamis, Berdaya Saing, Mandiri, Sehat dan Sejahtera”.

Baca Juga :   Sah, 1.149 Pasutri Terima Buku Nikah Gratis

“Dengan adanya Pelatihan Pengembangan Model Puskesmas Ramah Anak ini, diharapkan dapat meningkatkan kapasitas tenaga penyelenggara pelayanan kesehatan Ramah Anak di Puskesmas, serta adanya komitmen yang kuat dari para pimpinan Puskesmas se-Kabupaten Muara Enim untuk mewujudkan Puskesmas Ramah Anak melalui peningkatan mutu pelayanan kesehatan di Puskesmas,” pungkas Teguh. (yud)

Publisher : Awid Durrohman

Awid Durrohman

Lihat Juga

Bupati Mura Distribusikan Bantuan Beras Untuk Masyarakat Terdampak Covid-19

Musirawas, KoranSN Pemerintah Kabupaten Musirawas (Pemkab Mura) mendistribusikan bantuan beras untuk masyarakat pra sejahtera yang …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.