Pusri Serius Perangi Covid-19 Melalui Covid Drill





Karyawan Pusri mengikuti pelatihan Covid Drill dalam menangani suspect COVID-19 di lingkungan kerja. (foto ist)

Palembang, KoranSN

Memasuki New Normal seperti saat ini tentunya mengharuskan kita segera beradaptasi dengan kebiasaan hidup baru, arena pandemi COVID-19 belum berakhir. Sebagai salah satu upaya pencegahan COVID-19 pada New Normal ini, PT Pusri Palembang yang merupakan anak perusahaan PT Pupuk Indonesia (Persero) melaksanakan kegiatan Covid Drill pada awal Agustus.

Manager K3LH, Yusman Arullah menjelaskan, Covid Drill merupakan sebuah pelatihan yang bertujuan untuk mengukur kesiapan karyawan dalam menangani suspect COVID-19 di lingkungan kerja. Sebelumnya melalui Departemen K3LH Pusri, telah disiapkan skenario jika terjadi karyawan di Departemen Operasi 2B yang menunjukkan gejala COVID-19 seperti sesak nafas, batuk, lemas, menggigil dan meriang.

Dikatakan Yusman, sebelumnya telah dilaksanakan gladi bersih agar setiap unit lebih sigap dan tanggap dalam menjalankan prosedur keselamatan. “Kami dibantu rekan-rekan dari unit kerja lain telah membuat simulasi keadaan khusus, jika terdapat karyawan suspect di tempat kerja, yaitu dengan segera menghubungi nomor darurat safety, sterilisasi, tracing kontak erat, isolasi mandiri hingga karyawan dibawa ke RS tanpa rasa panik, ataupun kebingungan jika hal seperti itu terjadi,” ujar Yusman.

Baca Juga :   Pertamina Tekan Penyebaran Covid-19 di 2 Desa

Dijelaskannya, dalam melaksanakan tahapan simulasi, sejumlah karyawan turut berperan diantaranya Operator ammonia, Superintenden Ammonia, Petugas Shift PK & KK, Superintenden Hiperkes, Dokter Hiperkes, Petugas Hiperkes, Petugas Sekuriti, Superintenden PK & KK, Manajer K3LH, Manajer Operasi P-IIB, Petugas Humas, Petugas medis RS Pusri dan Staf TKL (observer).

Sementara itu Manager Humas Pusri, Soerjo Hartono menambahkan, selain Covid Drill Pusri telah melakukan beragam tindakan preventif sebagai upaya pencegahan dan pemutusan rantai penyebaran Covid-19. “Terutama saat memasuki masa New Normal seperti saat ini, Pusri telah membuat media sosialisasi berupa video dan flyer The New Normal supaya lebih mudah dipahami karyawan dan masyarakat,”ujarnya.

Baca Juga :   Jamur Pedado Dongkrak Perekonomian Masyarakat

Dikatakannya, Pusri juga menghimbau agar karyawan selalu mematuhi protokol kesehatan yang telah ditetapkan, membawa New Normal starter kit, melakukan vaksinasi influenza, membatasi jam kerja melalui penerapan WFH, dan menjaga perilaku hidup bersih dan sehat. (ril/ima)

Publisher : Awid Durrohman

Lihat Juga

Luhut Tekankan Pentingnya Kualitas Produk UMKM

Jakarta, KoranSN Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi yang juga Ketua Tim Gerakan Nasional Bangga …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.