PVMBG Imbau Pendaki Waspada Jauhi Gunung Api Lewotobi di Flores Timur

Gunung Api Lewotobi Perempuan dan Laki-laki di Flores Timur, NTT yang naik status dari Normal ke Waspada. (Foto-Antara)

Kupang, KoranSN

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) mengimbau pendaki untuk tidak melakukan aktivitas atau berada dalam radius dua kilo meter dari pusat kawah Gunung Api Lewotobi Perempuan dan Lewotobi Laki-laki di Flores Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT) karena status dua gunung itu yang telah naik dari level I atau Normal ke level II atau Waspada.

“Kami imbau pendaki untuk tidak mendaki ke kawah gunung atau beraktivitas hingga dua kilometer dari kawah gunung,” kata Kepala Balai Pemantau Gunung Api dan Mitigasi Gerakan Tanah Wilayah Nusa Tenggara, Zakarias Raja dari Kabupaten Nagekeo, Senin (18/12/2023).

Kenaikan status itu dipengaruhi adanya peningkatan aktivitas magma yang ditunjukkan dengan naik frekuensi gempa vulkanik yang cukup signifikan.

Dari evaluasi hingga tanggal 17 Desember 2023, ada gempa vulkanik dalam dan vulkanik dangkal disertai munculnya gempa-gempa Tornilo yang mengindikasikan adanya pergerakan fluida. HALAMAN SELANJUTNYA>>

Baca Juga :   Presiden Tinjau Posko RS Sayang Cianjur, Pastikan Logistik Hingga Pasokan Listrik PLN Aman



Publisher : Apriandi

Lihat Juga

Kemenpan RB: ASN yang ke IKN Jadi 6.000 Orang Berdasarkan Prioritas

Jakarta, KoranSN Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) menyatakan kloter pertama para …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!