PVMBG Ingatkan Masyarakat untuk Waspadai Banjir Lahar Dingin



Tangkapan layar kamera CCTV yang memperlihatkan kolom abu vulkanik membumbung keluar dari kawah Gunung Dukono di Pulau Halmahera, Provinsi Maluku Utara, Selasa (21/11/2023). (Foto-Antara/HO-PVMBG.)

Jakarta, KoranSN

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) meminta masyarakat untuk mewaspadai potensi banjir lahar dingin yang sering timbul saat musim hujan di wilayah gunung api aktif.

Ketua Tim Kerja Gunung Api PVMBG Ahmad Basuki saat dihubungi di Jakarta Kamis (4/1/2024) mengingatkan, masyarakat termasuk pekerja tambang pasir agar mewaspadai terjadinya aliran lahar pada sungai-sungai yang berhulu ke puncak gunung dan selalu berkoordinasi dengan pos pengamatan gunung api setempat.

Baca Juga :   Gunung Anak Krakatau Meletus Lontaran Abu Setinggi 2.500 Meter

“Gunung api yang saat ini mengalami erupsi abu tentunya mempunyai potensi terjadinya lahar dingin yang lebih tinggi dibanding gunung api lainnya,” kata Ahmad.

Beberapa gunung api yang berpotensi mengalami banjir lahar dingin, di antaranya Gunung Semeru di Jawa Timur, Gunung Marapi di Sumatera Barat, Gunung Ibu dan Gunung Dukono di Maluku Utara, serta Gunung Lewotobi Laki-laki dan Gunung Lewotolok di Nusa Tenggara Timur. HALAMAN SELANJUTNYA>>



Publisher : Apriandi

Lihat Juga

Presiden Resmikan Pelaksanaan Inpres Jalan Daerah Kalimantan Timur

Jakarta, KoranSN Presiden RI Joko Widodo meresmikan pelaksanaan Instruksi Presiden (Inpres) Jalan Daerah atau IJD …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!