PVMBG Minta Masyarakat Waspadai Erupsi Freatik Gunung Sorik Marapi





Pengunjung menikmati panorama Gunung Marapi dan Gunung Singgalang dari Puncak Data, Baso, Kabupaten Agam, Sumatera Barat, Sabtu (19/2/2022). (Foto-Antara)

Jakarta, KoranSN

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) meminta masyarakat untuk mewaspadai potensi erupsi freatik yang berkaitan dengan aktivitas hidrothermal Gunung Sorik Marapi di Kabupaten Mandailing Natal, Sumatera Utara.

“Erupsi freatik tersebut jika terjadi dapat disertai hujan abu, semburan lumpur, dan lontaran material di sekitar kawah,” demikian pernyataan resmi PVMBG yang dikutip di Jakarta, Sabtu (1/10/2022).

Baca Juga :   Satgas TNI Patroli Simpatik Bagikan Pakaian untuk Warga Perbatasan

Sejak Januari 2022, aktivitas vulkanik Gunung Sorik Marapi mengalami fluktuasi dengan tingkat aktivitas saat ini tergolong normal berada pada level I.

Pada 29 September 2022, PVMBG mencatat ada peningkatan jumlah kejadian gempa vulkanik dalam sebanyak 146 kali, namun belum nampak peningkatan aktivitas Gunung Sorik Marapi secara visual.

Fenomena itu terjadi akibat peningkatan tekanan yang dapat berasal dari aktivitas hidrothermal maupun aktivitas magma di dalam tubuh Gunung Sorik Marapi, namun masih belum menunjukkan peningkatan di permukaan.

Baca Juga :   Basarnas Banda Aceh Cari Penambang Emas Tenggelam di Sungai

Dalam tingkat aktivitas level I, PVMBG merekomendasikan masyarakat sekitar Gunung Sorik Marapi dan wisatawan untuk tidak mendekati kawah dalam jarak dekat. HALAMAN SELANJUTNYA>>





Publisher : Apriandi

Lihat Juga

Dikes Lombok Tengah Gelar Fogging Cegah Kasus DBD

Praya, Lombok Tengah, KoranSN Dinas Kesehatan Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat melakukan pengasapan di …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!