Ramah Zakat Bank Sumsel Babel Pertama di Indonesia



Dirut BSB, Achmad Syamsudin saat foto bersama. (foto-ferdinand/koransn)

Palembang, KoranSN

Program Ramah Zakat Bank Sumsel Babel yang di Launching, Rabu (26/8) di Aula Kantor Kecamatan Seberang Ulu II Plaju Palembang merupakan yang pertama di Indonesia. Hal tersebut dikatakan Direktur BSB, Achmad Syamsudin saat peluncuran Ramah Zakat dengan menggunakan dua metode yaitu didalam gedung dan secara virtual.

“Kita berharap Program Ramah Zakat ini akan jadi percontohan bagi daerah lain di Indonesia,”harapnya.
Program Ramah Zakat Bank Sumsel Babel dijelaskannya, adalah program penyaluran zakat dari seluruh pegawai Bank Sumsel Babel yang disetor langsung dari gaji karyawan/karyawati tersebut dan akan disalurkan kepada pihak yang berhak menerimanya (mustahik).

Mustahik yang dipilih adalah masyarakat yang betul-betul membutuhkan bantuan antara lain karena penghasilan dibawah garis kemiskinan, kerja serabutan, tempat tinggal tidak layak, dan sebagainya.

Selain itu program ini juga akan membantu meningkatkan taraf ekonomi karena akan melibatkan warung-warung yang ada disekitar mustahik sebagai merchant penyedia barang, karena mustahik akan mencairkan dana zakat dari Bank Sumsel Babel dengan membeli barang di warung-warung yang ditunjuk tersebut.

Baca Juga :   Cerita Cinta dari Putri Indonesia

Program Ramah Zakat Bank Sumsel Babel dijelaskannya, didukung dengan sistem digitalisasi, sehingga penyaluran dan penggunaan dana dapat termonitor dengan baik sehingga diharapkan akan terwujud tepat guna penyaluran dan penggunaan zakat. Dengan sistem digitalisasi ini juga akan tercipta transparansi dan akuntabilitas dana, sehingga dapat meningkatkan kepercayaan muzakki (pihak yang berzakat) dalam berzakat.

Selain itu dengan sistem digitalisasi ini akan mendukung program pemerintah dalam hal memperkenalkan konsep cashless bagi masyarakat dan membantu program BI karena dalam bertransaksi pada program Ramah Zakat ini akan menggunakan barcode.

Dalam acara yang dihadiri Walikota Palembang H Harnojoyo dihadiri juga Direktur Operasional Oktiandi, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Palembang H Deni Priansyah, Ketua Baznas Kota Palembang Drs H Saim Marhadan, Camat Seberang Ulu II Rahman Hidayat Pane selaku tuan rumah dan seluruh Camat di wilayah seberang ulu yaitu Camat Seberang Ulu I, Camat Kertapati, Camat Jakabaring dan Camat Plaju.

Baca Juga :   Kunjungi Banyuasin, Presiden Jokowi Optimis Harga Karet Naik

Sedangkan yang hadir secara virtual adalah Ketua Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS) Pusat yaitu Ventje Rahardjo, Komisaris utama dan Komisaris Bank Sumsel Babel, Direktur Umum Bank Sumsel Samiluddin, Direktur Pemasaran, Antonius Prabowo Argo, Direktur Kepatuhan Mustakim, Dewan Pengawas Syariah Bank Sumsel Babel, Seluruh Pemimpin Divisi, Pemimpin Satuan, Pemimpin Cabang, Pemimpin Cabang Pembantu Bank Sumsel Babel. Ketua KNEKS, Ventje Rahardjo juga akan menyampaikan sambutan terkait dengan program ramah zakat ini. (ima/adv)

Publisher : Awid Durrohman

Lihat Juga

Astra Motor Sumsel Edukasi #Cari_Aman Sejak Dini

SEBAGAI pelopor keselamatan berkendara, Astra Motor Sumsel senantiasa untuk mengedukasi masyarakat mengenai pentingnya #Cari_Aman. Sangat …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.