Rangka Lengkung Jembatan Musi VI Hampir Capai 100 Persen



Rampak progres pembangunan rangka lengkubg Musi VI yang hampir mencapai 100 persen. (foto-reigan/koransn.com)

Palembang, KoranSN

Mega proyek jembatan Musi VI yang dipersiapkan untuk mengatasi kemacetan di Kota Palembang, yakni menghubungkan wilayah ulu dan ilir kota pempek, hingga saat ini realisasi pengerjaan langka rengkung jembatan tersebut hampir mencapai 100 persen.

Hal ini diungkapkan langsung oleh Kepala Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK) Jembatan Musi VI, Joko Syahputro, Minggu (10/12/2017).

Menurut Joko, sementara ini, pihaknya sedang fokus pengerjaan dalam menyambungkan sedikit lagi rangka lengkung jembatan penunjang penyelengaraan Asian Games 2018 mendatang. Dimana, untuk mempercepat pengerjaannya, dua kapal ponton pembawa alat berat tetap di stand by kan di atas Sungai Musi, tepatnya disamping tiang penyangga, baik di wilayah ulu dan ilir yang telah rampung dikerjakan.

Meskipun demikian, Ia memprediksi, untuk pemasangan rangka lengkung jembatan Musi VI akan selesai dikerjakan pada Desember tahun ini. Dimana, pengerjaannya sendiri, dikatakan Joko, tidak ada masalah berarti. Lantaran, arus sungai yang stabil membuat pengerjaan jembatan tersebut menjadi lancar.

“Hingga sekarang, realisasi penegerjaan rangka lengkung sudah mencapai 94 persen. Fokus sekarang pengerjaan masih ditengah di rangka baja pelengkung jembatan Musi VI. Dalam penegerjaannya, saat ini kita pakai pola buka tutup arus sungai, tiga hari buka tiga hari tutup. Alhamdulillah tidak ada kesulitan pengerjaannya,” ungkap Joko.

Baca Juga :   Alex Noerdin: Saya Ingin Semua Fokus Bekerja

Ia melanjutkan, setelah selesai melakukan pemasangan rangka lengkung, pengerjaan akan dialihkan pada pembangunan jalan jembatan yang akan dimulai dari pinggir jembatan, lalu akan tersambung hingga ke tengah. Sedangkan, untuk target penyelesaian, dikatakan Joko, jembatan Musi VI tetap pada estimasi awal yakni pada tahun 2018 sebelum penyelenggaraan Asian Games.

“Tahap kedua akan dikerjakan pada tahun depan. Targetnya tetap seperti dicanangkan di awal, dimana sebelum Asian Games Insya Allah sudah selesai dan bisa digunakan,” tandasnya. (rgn)



Publisher : Awid Durrohman

Lihat Juga

Siapkan Renstra Tahun 2025-2029, Kemenkumham Sumsel-DJKI Himpun Aspirasi Publik

Palembang, KoranSN Kanwil Kemenkumham Sumsel bekerjasama dengan Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual menggelar Penghimpunan Aspirasi Publik …

error: Content is protected !!