Rangkaian Kereta Cepat Jakarta-Bandung Mulai Dikirim dari China





Rangkaian kereta untuk proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB). (Foto-Antara)

Jakarta, KoranSN

PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) menyampaikan rangkaian Electric Multiple Unit (EMU) atau kereta untuk proyek Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) telah dikirim dari China mulai hari ini, Jumat (5/8/2022).

Pengiriman kereta tersebut ditandai dengan seremoni kegiatan “Penyelesaian Manufaktur dan Pengiriman Perdana EMU Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB)” yang disiarkan secara daring.

“Pengiriman perdana EMU dan CIT ini akan menandai sejarah pertama kalinya pengiriman EMU kereta api cepat dari China ke luar negeri,” kata Direktur Utama KCIC Dwiyana Slamet Riyadi dalam kegiatan tersebut. Ia mengatakan pengiriman tersebut menjadi langkah penting dalam upaya penyelesaian proyek KCJB.

Baca Juga :   PLN Babel Siapkan 66 Posko Keandalan Listrik Selama Idul Fitri

Adapun kereta tersebut diproduksi oleh CRRC Sifang, Qingdao, Provinsi Shandong, China. Sebanyak 11 rangkaian kereta telah selesai diproduksi pada awal April tahun ini.

Tak cuma EMU, sebelumnya satu unit Comprehensive Inspection Train (CIT) atau kereta inspeksi juga sudah rampung diproduksi. Sebelum dikirim ke Indonesia, 12 rangkaian kereta ini telah menyelesaikan static test dan dynamic test.

Ia menyampaikan progres pembangunan proyek KCJB saat ini mencapai 85 persen. “Progres mencapai 85 persen, masih menyisakan beberapa pekerjaan tunnel 2, pre loading, track laying dan penyelesaian stasiun,” ujarnya. HALAMAN SELANJUTNYA>>

Baca Juga :   Telkomsel Siap Layani Lonjakan Trafik





Publisher : Apriandi

Lihat Juga

Astra Motor Tanam 10.000 Mangrove

Semarang, KoranSN Astra Motor menutup rangkaian HUT ke 52 tahun dengan berkontribusi dibidang lingkungan melalui …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.