RAPBD PALI di 2018 Meningkat Capai Angka Rp 1,5 Trilyun Lebih

Bupati PALI dan Ketua DPRD PALI saat menandatangani RAPBD Kabupaten PALI tahun anggaran 2018. (foto-anasrul/koransn.com)

PALI, KoranSN

Rancangan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (RAPBD) Kabupaten PALI tahun anggaran 2018 mengalami peningkatan. Dari yang sebelumnya hanya sekitar Rp 1 triliun, pada tahun anggaran 2018 menjadi Rp 1,5 triliun lebih.

Hal itu diketahui setelah, Selasa (5/12/2017), DPRD PALI bersama Pemkab PALI mengesahkan RAPBD Kabupaten PALI tahun anggaran 2018 setelah melewati beberapa kali rapat paripurna.

Ketua DPRD Kabupaten PALI, Soemarjono mengatakan, APBD PALI pada tahun 2018 mendatang sebagian besar diperoleh dari dana perimbangan pemerintah pusat yang dikucurkan ke Kabupaten PALI.

“Alhamdulillah meningkat dari tahun sebelumnya yang hanya Rp 1 triliun 50 milyar, pada tahun 2018 ini menjadi Rp 1,5 triliun. Dan yang paling dominan didapat dari dana perimbangan,” tutur Soemarjono.

Dirinya juga bersama legislator PALI yang lain dan pihak eksekutif juga sepakat bahwa dari APBD Kabupaten PALI tahun 2018 ini, 70 persen diperuntukkan pembangunan fisik.

“Pada periode tahap pertama, lebih menekankan infrastruktur. Dan kita sepakati hal itu. Kami juga sangat mengapresiasi kinerja pak Bupati PALI yang tiada hentinya membangun kabupaten PALI dan berusaha sekuat tenaga agar kabupaten PALI bisa sejajar dengan kabupaten yang lain,” pungkasnya.

Ditempat yang sama, Bupati PALI, Heri Amalindo mengakui bahwa belanja modal dalam RAPBD Kabupaten PALI mencapai angka 70 persen.

Dikatakannya, hal itu dilakukan agar bisa mengejar ketertinggalan dengan kabupaten yang lain. “Belanja modal mencapai 70 persen dikarenakan sebagai Daerah Otonomi Baru (DOB) PALI harus berlari untuk bisa mengejar ketertinggalan kita. Untuk itu, 70 persen dari RAPBD, kita fokuskan untuk pembangunan infrastruktur, sekolah-sekolah, rumah sakit, puskesmas,” terangnya.

Baca Juga :   Empat Jurnalis PALI Berbagi Ilmu ke Siswa SMAN 2 Unggulan

Disinggung soal pembangunan perkantoran Pemkab PALI, Mantan Kepala Dinas PU BM Provinsi Sumsel itu menjelaskan, bahwa hal itu bisa terealisasi kalau pembangunan infrastruktur, pendidikan dan kesehatan sudah bagus semua barulah dibangun perkantoran Pemkab PALI.

“Kalau dua tahun sudah selesai, InsyaAllah baru fokus bangun perkantoran,” tutupnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga kabupaten PALI, Ir Etty Murniati mengatakan, pembangunan infrastruktur merata di penjuru kabupaten PALI.

“Hampir merata ya, di setiap kecamatan ada pembangunan. Yang pasti kita prioritaskan yang mana yang lebih membutuhkan,” ucapnya. (ans)



Publisher : Awid Durrohman

Lihat Juga

Kepala SMP PGRI Talang Ubi Dapat Hadiah Utama Undian Tabungan Pesirah BSB

PALI, koranSN Emilia Roza, Kepala SMP PGRI Talang Ubi, Kabupaten PALI, berhasil memenangkan hadiah utama …

error: Content is protected !!