Ratas ke Istana Alex Pastikan Persiapan Sumsel Matang





Suasana Ratas dalam membahas persiapan pelaksanaan Asian Games XVIII di Kantor Presiden, Jakarta. (Foto-Humas Pemprov Sumsel)

Jakarta, KoranSN

Gubernur Sumsel, H Alex Noerdin kembali menghadiri rapat terbatas (Ratas) untuk yang kesebelas kalinya membahas persiapan pelaksanaan Asian Games XVIII. Ratas yang berlangsung di Kantor Presiden, Jakarta, Senin (28/5/2018) siang dipimpin langsung Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Wakil Presiden, Jusuf Kalla.

Pada Ratas tesebut dihadiri oleh Menko Polhukam, Wiranto, Menko Perekonomian, Darmin Nasution, Menko Kemaritiman, Luhut B. Pandjaitan, Mensesneg Pratikno, Seskab Pramono Anung, Kepala Staf Kepresidenan, Moeldoko, Menkeu Sri Mulyani Indrawati, Menpora Imam Nahrawi, Mendikbud Muhadir Effendy, Menristekdikti, M. Nasir, Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono dan Menlu Retno Marsudi.

Di samping itu hadir pula Menkominfo, Rudiantara, Menhub Budi K. Sumadi, Menteri Pariwisata, Arief Yahya, Panglima TNI, Marsekal Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Tito Karnavian, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, Ketua Umum KONI, Tono Suratman, Ketua KOI/INASGOC, Erick Thohir dan Sekda Jabar Iwa Karniwa.

Baca Juga :   Wapres Imbau Uumat Islam Salat Idul Adha di Rumah

“Untuk Ratas kali ini saya ingin memastikan lagi, ingin memastikan baik kesiapan infrastruktur pembangunan venue maupun non venue,” kata Presiden Jokowi.

Terkait kesiapan itu, menurut Presiden, termasuk juga persiapan teknis pelaksanaan, mulai dari pembukaan, pertandingan dan penutupan, sampai untuk prestasi kesiapan atlet-atlet Indonesia yang akan berlaga di Asian Games 2018 itu.

“Secara singkat nanti saya ingin disampaikan. Singkat-singkat saja,” ujar Presiden Jokowi.

Dalam kesempatan itu, Presiden Jokowi secara khusus juga meminta laporan mengenai kesiapan pengamanan.

“Kita ingin negara-negara peserta Asian Games meyakini bahwa Indonesia aman untuk dikunjungi dan kondisi keamanan sepenuhnya terkendali,” tegas Presiden.

Gubernur Sumsel, H Alex Noerdin saat menghadiri Ratas dalam membahas persiapan pelaksanaan Asian Games XVIII.

Sementara terkait dengan publikasi, promosi, dan marketing dalam pelaksanaan Asian Games XVIII ini, Presiden Jokowi ingin betul-betul mendapatkan perhatian secara khusus.

Sebelumnya Gubernur Alex Noerdin mengatakan, persiapan dan kesiapan Sumsel sebagai tuan rumah sudah matang. Kini, jelas pelopor sekolah gratis dan berobat gratis itu, Sumsel lebih fokus pada promosi Asian Games 2018.

Baca Juga :   Kegagalan semua pihak jika pemerintah batalkan LIN di Maluku

Alex mengaku, tidak akan terlalu banyak membahas mengenai kesiapan infrastruktur dan lainnya. Namun fokus saja pada promosi Asian Games 2018 agar lebih semarak dan gebyar bagi masyarakat luas.

Untuk persiapan infrastruktur, Gubernur Alex Noerdin memastikan persiapan infrastruktur Palembang sudah selesai.

“Insya Allah persiapan infrastruktur sudah selesai, sekarang tinggal landscaping dan beautification (tanam rumput, taman dan penghijauan), perbaikan jalan,” terangnya.

Mengenai transportasi,Gubernur Alex Noerdin menuturkan, Palembang menyiapkan transportasi yang ramah lingkungan dan ternyaman bagi para atlit dan official Asian Games. Transportasi tersebut memanfaatkan teknologi canggih berupa electric car dan hydrogen car.

”Electric Car dan hydrogen car tersebut dapat digunakan untuk mengangkut atlet dan official dari bandara menuju ke wisma atlet di Jakabaring Sport City (JSC) dalam waktu beberapa menit saja”, jelasnya.

Selain itu untuk Light Rail Transit (LRT) sendiri kata Alex, baru-baru ini LRT di Palembang sudah menjalankan uji coba pertama, dilakukan tes dinamis kelistrikan kereta dan Alhamdulillah berjalan dengan baik. (den)







Publisher : Apriandi

Lihat Juga

Mengakhiri Masa Jabatan Pj Bupati Banjarnegara, Tri Harso Widirahmanto Pamitan

Banjarnegara, KoranSN Penjabat (Pj) Bupati Banjarnegara, Tri Harso Widirahmanto SH, Rabu (22/5/2024) berpamitan dengan pejabat …

error: Content is protected !!