Ratusan Batang Ganja Seberat 40 Kg Dimusnahkan





Suasana pemunsahan barang bukti di lapangan Pemkab Empat Lawang. (foto-fahlevi/koransn.com)

Empat Lawang, KoranSN

Sebanyak 178 batang ganja dengan berat 40 Kg yang merupakan barang bukti perkara narkotika yang sudah berkekuatan hukum tetap (Inchra), dimusnahkan oleh Kejaksaan Negeri (Kejari) Empat Lawang.

Dalam pemusanhan barang bukti yang dilakukan di lapangan Pemkab Empat Lawang, Jumat sore (17/8/2018) tersebut, juga dimusnahkan barang bukti narkoba jenis sabu seberat 6,496 gram.

Pemusnahan barang bukti disaksikan langsung Sekda Empat Lawang, H. Edison Jaya bersama Kejari Empat Lawang, Ronaldwin, Perwira penghubung (Pabung) Kodim 0405 Lahat, Mayor (Inf) Ali Hanafiah dan Kepala Badan Narkotika Kabupaten Empat Lawang, H Amancik Marzuki, Kapolres Empat Lawang, AKBP Agus Setyawan serta Kepala Cabang Rutan Tebing Tinggi, Yudhi Khairudin.

Sekda Empat Lawang, H Edison Jaya mengapresiasi kerja aparat hukum di Kabupaten Empat Lawang, yang sudah berhasil mengungkap peredaran dan penyalahgunaan narkoba di Kabupaten Empat Lawang.

“Meski sedikit miris, bahwa perdaraan narkoba di Kabupaten kita masih banyak, dan selaku pemerintah daerah kami sangat mengapresiasi kerja aparat hukum yang telah berhasil mengungkap kasus narkoba ini. Mudah-mudahan kedepan peredaran dan penyalahgunaan narkoba dapat berkurang,” ujarnya.

Masih dikatakan Sekda, pada tahun 1979 lalu di tanah Lintang Empat Lawang sudah pernah ditemukan ladang ganja oleh aparat hukum. Dari itu dirinya menilai jika sejak tahun 1979 lalu di Empat Lawang sudah ada ladang ganja. Untuk itu hal ini patut diwaspadai.

“Oleh karena itu saya menghimbau agar masyarakat di Kabupaten Empat Lawang dapat membantu aparat hukum untuk mengungkap seluruh ladang ganja di kabupaten kita ini,” jelasnya.

Baca Juga :   Wak Uban Otak Perampok Toke Kopi Pagaralam Dilumpuhkan 8 Tembakan

Sementara itu, Kajari Empat Lawang, Ronaldwin mengatakan, barang bukti yang dimusnahkan merupakan barang bukti kasus narkotika yang sudah inchra hingga pertengahan tahun 2018.

Dikatakannya, memang jumlah kasus narkoba saat ini menurun, tapi barang buktinya meningkat dibandingkan priode tahun sebelumnya. Dimana 40 Kg ganja dengan total kasus yang telah diselesaikan sebanyak 7 kasus.

Sedangkan untuk kasus narkotika jenis sabu, sebanyak 10 kasus dengan berat total barang bukti sebanyak 6,496 gram. Selain itu, masih ada beberapa barang bukti lagi yang belum dimusnahkan karena saat ini kasusnya masih dalam proses persidangan.

“Yang belum berkekuatan hukum tetap, belum kita musnahkan,” pungkasnya. (foy)







Publisher : Awid Durrohman

Lihat Juga

Vendor: Kementan Berutang Rp 1,6 Miliar Usai Penuhi Permintaan SYL

Jakarta, KoranSN Salah satu vendor di Kementerian Pertanian (Kementan), PT Haka Cipta Loka dan Haka …

error: Content is protected !!