Ratusan Hektare Kebun Karet Terendam Diduga Akibat Jalan PT Titan



Kondisi Jalan Servo PT Titan yang tergenang air. (Foto/Anasrul)
Kondisi Jalan Servo PT Titan yang tergenang air. (Foto/Anasrul)

PALI, SN

Ratusan hektare kebun karet dan sawah milik warga Desa Pandan, terendam air diduga  akibat pembangunan akses jalan transportasi angkutan batu bara oleh PT Titan yang tidak disertai dengan pembuatan drainase yang baik.

Kondisi ini sudah terjadi sejak tahun 2010 lalu, dan hingga kini belum ada tindaklanjut dari pihak PT Titan untuk mencarikan solusi yang dialami petani karet dan sawah. Jika musim hujan dan air Sungai Lematang meluap, petani tidak bisa beraktivitas akibat terendam air, bahkan tiga minggu sampai satu bulan karet tak bisa disadap dan merugi.

“Tidak ada aliran air jalan itu, akibatnya perkebunan sebelah selatan terendam, warga tidak bisa sadap karet, kering berminggu-minggu bahkan satu bulan baru kering,” kata Sekretaris Desa (Sekdes) Desa Pandan, Kecamatan Tanah Abang, Suharto, Selasa (12/1).

Sebelumnya warga sudah menyampaikan keberatan dan meminta pihak PT Titan untuk membangun jembatan atau drainase, namun sampai saat ini tidak ada tindaklanjut hanya janji-janji.

“Maret, Juni 2015 dan Januari 2016 dijanjikan tapi tidak ada kejelasan,” ujar Suharto.

Bulan lalu warga sudah pernah melakukan demo, pihak PT Titan menjanjikan akan dibangun jembatan bulan Januari. “Jika tanggal 20 Januari tidak ada realisasi, jalan akan kami potong untuk aliran air,” katanya.

Permintaan warga sambung Suharto dibangun tiga jembatan, satu di perbatasan Desa Sedupi, di tengah Desa Pandan dan perbatasan Desa modong. “Jadi desa-desa lain yang juga ikut terendam bisa diatasi,” harapnya.

Baca Juga :   Terbengkalai, Dewan PALI Minta Pemkab Kelola Kembali Pamsimas

Sementara Anggota Komisi II DPRD kabupaten PALI Adi Warsito mengatakan pihaknya sudah mengetahui keluhan masyarakat terkait peristiwa itu, dalam waktu dakat pihaknya akan melakukan pemanggilan pihak PT Titan terkait masalah itu.

“Akan kita panggil pihak PT Titan secepatnya agar persoalan itu bisa di selesaikan, sehingga tidak terjadi hal-hal yang diinginkan,” tegasnya.

Terpisah, Humas PT Titan Yayan saat di hubungi untuk konfirmasi mengatakan dirinya belum dapat berkomentar maslah itu karena kurang sehat. “Tidak bisa berkomentar, saya kurang sehat,” terangnya singkat. (ans)



Publisher : Anton Wijaya

Lihat Juga

PAN Jadi Pemenang Pemilu 2024 di PALI

PALI, koranSN Partai Amanat Nasional (PAN) di kabupaten PALI, menjadi pemenang Pemilu 2024 di Bumi …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!