Ratusan Jenis Produk Kosmetik Mengandung Zat Berbahaya





Kepala BPOM Lubuklinggau, Aidil Kurna saat merilis hasil Sidak dan menemukan ratusan produk kosmetik berbahaya. (Foto-Istimewa)

Lubuklinggau, KoranSN

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Kota Lubuklinggau menemukan 196 jenis produk kosmetik ilegal yang mengandung zat berbahaya. Demikian dikatakan Kepala BPOM Kota Lubuklinggau, Aidil Kurnia, kemarin.

Menurutnya, temuan tersebut berdasarkan hasil operasi pasar yang dilakukan pihaknya.

“Dari 196 produk berjumlah 1.962 pcs yang diantaranya; krim pemutih berbagai merk ilegal dan berbagai jenis produk lainnya,” katanya.

Masih dikatakannya, untuk nilai ekonomi seluruh produk mengandung zat berbahaya tersebut sekitar kurang lebih Rp 26 juta. Sementara terhadap pemilik kosmetik yang diamankan telah diberikan pembinaan dan masing-masing telah diminta untuk membuat surat pernyataan agar kedepan mereka tidak mengulangi perbuatan mengedarkan komestik ilegal.

Baca Juga :   Walikota Lubuklinggau Pergi ke Kantor Pakai Motor

“Apabila kedepan masih mengedarkan maka mereka dapat diproses secara hukum yang berlaku sesuai Undang-Undang No. 35 tahun 2009 tentang kesehatan, dan berdasarkan Pasal 196, Pasal 197 dan Pasal 198 tentang kesehatan, bahwa setiap orang yang dengan sengaja mengedarkan kesedian alat kesehatan yang tidak memenuhi standar maka dapat diancam pidana penjara. Jadi mereka dapat terancam pidana penjara 10 tahun sampai 15 tahun penjara serta denda milyaran rupiah,” tegasnya.

Aidil menambahkan, operasi pasar yang dilakukan menindak lanjuti perintah Kepala BPOM Sumsel untuk melakukan kegiatan aksi penertiban pasar dari kosmetik ilegal yang mengandung bahan berbahaya dan kosmetik tanpa izin edar .

Baca Juga :   Warga dan PT Medco Belum Temukan Titik Temu

“Targetnya yakni meliputi pusat perbelanjaan baik modern maupun bukan medern yang ada di Kota Lubuklinggau,” ujarnya. (rif)





Publisher : Apriandi

Lihat Juga

Selalu Kedepankan Skala Prioritas

Pagaralam, KoranSN Ketua DPRD Kota Pagaralam, Jenni Shandiyah, SE, MH membuka Sidang Rapat Paripurna XII …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!