Ratusan Massa Lakukan Aksi Pengrusakan Aset PT SMS

HANGUS- Sebuah rumah dan kendaraan roda empat hangus dibakar massa

Lahat, SN

Kembali, wilayah Kikim area mencekam, setelah pecahnya aksi amuk massa berujung pada pembakaran dan pengrusakan beberapa aset bangunan milik perusahaan sawit PT Sawit Mas Sejahtera (SMS).

Sampai berita ini diturunkan, situasi dan kondisi di Kikim masih ‘mencekam’ dan dibawah penjagaan ketat petugas kepolisian gabungan Polres Lahat, Polres Empat Lawang dan Satbrimob Lubuk Linggau.

Kapolres Lahat, AKBP Wira Satya Triputra Msi melalui Paur Humas Polres Lahat Iptu M Maulana dikonfirmasi melalui hand phone (HP) menyebutkan, benar bahwa kondisi wilayah Kikim Area, tepatnya dikawasan Simpang Dumir, Desa Babat Baru, Kikim Barat, sejak Rabu (1/7) siang kondisinya memanas dan bahkan berujung pada aksi pengrusakan, pembakaran dan bahkan saling serang.

Kejadian sendiri bermula sekitar pukul 14.00 WIB, dimana mendadak warga gabungan tak kurang dari 9 desa yang ada dikawasan sekitar berkumpul dengan maksud akan mengadakan aksi protes, masih seputar masalah saling klaim lahan antara warga dan perusahaan sendiri.

Baca Juga :   Wako Pagaralam Berharap Sejarah Berharga Terulang

“Siang itu sudah ramai, nah pecahnya kerusuhan sekitar jam 17.00 WIB, karena aksi warga ini sempat dihalangi petugas keamanan perusahaan di salah satu lokasi kebun,” ungkap Maulana.

Pencegahan aksi warga ini berujung pada keributan, perkelahian, antara warga dan pihak keamanan sampai jatuh korban luka-luka, baik dipihak keamanan dan warga sendiri. Lalu, massa pun semakin beringas, dan beramai-ramai menyerang petugas keamanan, membakar pos pemantau, serta kendaraan operasional.

Selain membakar pos keamanan dan juga 2 unit kendaraan aset perusahaan, warga kemudian sebenarnya masih akan melanjutkan aksinya kearah pabrik. Beruntung, ada pihak perusahaan yang sempat mengontak petugas kepolisian, yang dengan sigap berhasil membubarkan massa, serta mengurungkan rencana pengrusakan dan amuk massa yang lebih parah lagi.

“Tak kurang 1 pleton Satbrimob Lubuk Linggau awalnya tiba dilokasi, mengamankan titik potensial kerusuhan lanjutan, seperti pabrik dan kantor perusahaan, kemudian tak lama tambahan personil bantuan 1 pleton dari Polres Empat Lawang, dan 1 pleton anggota Polres Lahat, bisa mengontrol situasi dilapangannya,” beber Maulana lagi.

Baca Juga :   KPU OKI Verifikasi Parpol

Ditambahkannya, Kamis malam, Kapolres sudah langsung terjun kelapangan, berupaya melakukan negosiasi dan upaya mediasi, baik ke pihak warga ataupun pihak perusahaan, hingga disepakatilah, penarikan massa dari titik lokasi, dan situasi sudah bisa dikatakan aman dan terkendali.

“Sampai siang ini (kemarin), petugas keamanan masih berjaga di beberapa titik lokasi. Bahkan hingga Jumat pagi, 1 pleton lagi anggota Polres Lahat dan juga 1 pleton lagi anggota Satbrimob Lubuk Linggau sudah merapat kelokasi, hingga totalnya 2 pleton satbrimob, 2 pleton Polres Lahat dan 1 pleton Polres Empat Lawang tetap bersiaga di lokasi, mencegah aksi susulan,” tegas Maulana lagi. (fiz)

Publisher : Ferdin Ferdin

Avatar
Pewarta Harian Suara Nusantara, www.koransn.com, Mingguan Suara Negeriku.

Lihat Juga

Kejar Jambret Bripka Reza Diamuk Warga

Palembang, KoranSN Bripka Reza anggota Opsnal Unit Ranmor Satreskrim Polrestabes Palembang, Kamis (24/9/2020) pukul 13.00 …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.