Ratusan Warga di Teluk Gelam Keracunan

KERACUNAN – Tampak warga yang keracunan makanan saat dirawat di RSUD Kayuagung. (Foto-Maniso/Koransn)

Kayuagung, KoranSN

Lebih kurang 102 warga Desa Muara Telang Kecamatan Teluk Gelam Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) keracunan makanan saat makan bersama di acara peringatan Isra Mi’raj di Masjid Al-Amin di desa setempat, Selasa siang (25/4/2017).

Warga diduga keracunan makanan yang disajikan oleh panitia yakni makanan nasi minyak (samin) dengan menu lauk ayam goreng. Selang 3 jam setelah mengkonsumsi makanan tersebut, ratuasan warga mengalami pusing, mual dan muntah. Bidan setempat sempat memberikan pertolongan tetapi kewalahan.

Lalu sebagian warga dibawa ke Puskesmas Sugiwaras, warga yang parah dibawa ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kayuagung. Berdasarkan catatan Dinas Kesehatan Kabupaten OKI, ada 80 warga yang berobat di Puskesmas dan ada 22 orang dilarikan ke RSUD.

Baca Juga :   Kupas Tuntas Visi Misi Paslon Dalam Dua Kali Debat

“Kita juga langsung membuka Posko kesehatan di Desa Muara Telang,” kata Kepala Dinas Kesehatan OKI, HM Lubis SKM MKes kemarin.

Pihaknya sudah mengambil sampel makanan yang dikonsumsi oleh warga. “Kita belum tahu hasilnya, sampel makanan masih diperiksa di laboratorium,” jelasnya.

“Sekarang kami masih fokus dalam pelayanan kesehatan bagi warga yang keracunan makanan tersebut. Posko tetap kita buka di lokasi untuk mengantisipasi jika masih ada warga yang mengalami mual, pusing atau yang lainnya,” terangnya.

Kepala TU RSUD Kayuagung, Suwandi SKM mengatakan, seluruhnya ada 22 pasien yang sempat dirawat di RSUD. Rinciannya, 7 orang anak-anak dan 2 orang dewasa masih menjalani perawatan, 13 pasien yang lain sudah diperbolehkan pulang  karena kondisinya membaik.

Baca Juga :   Ini 7 Sasaran Operasi Keselamatan Musi 2019 di Sumsel

Emiya (45), salah satu korban keracunan mengatakan, jamaah masjid berjumlah sekitar 200 orang pulang ke rumah masing-masing kemudian sekitar pukul 16.00 WIB, baru terasa mual, pusing dan muntah. “Dua cucu kami yang ikut ke masjid juga keracunan,” tandasnya. (iso)

Infografis Lembaga Penyalur LPG di Sumsel

Publisher : Apriandi

Avatar

Lihat Juga

Kadin-Buloq Lahat Pantau Suplai Bahan Pangan

Lahat, KoranSN Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) Kabupaten Lahat Senin (25/1/2021) mengunjungi Kantor Bulog …