Ratusan Warga Natuna Ikuti Tradisi Mandi Safar di Tepi Laut





Tampak warga saat melakukan tradisi mandi Safar di pantai Harapan Desa Air Putih Kecamatan Midai Kabupaten Natuna Provinsi Kepulauan Riau, Rabu (21/9/2022). (Foto-Antara)

Natuna, KoranSN

Ratusan warga Natuna di Desa Air Putih, Kecamatan Midai, Kabupaten Natuna, Provinsi Kepulauan Riau, melaksanakan tradisi mandi di tepi laut menandakan berakhirnya bulan Safar dalam kalender tahun Hijriah.

“Kegiatan ini selain menjalankan tradisi turun temurun, juga untuk atraksi wisata di objek wisata Pantai Harapan Desa Air Putih. Kenapa disebut mandi Safar, karena dilakukan pada bulan syafar,” kata Erwan sebagai pelaksana kegiatan sekaligus sebagai Sekretaris Desa Air Putih di Natuna, Jumat (23/9/2022).

Baca Juga :   Gisel Tak Akan Maafkan Penyebar Video Syur

Ia mengatakan tradisi mandi syafar dilakukan setiap hari Rabu pada pekan terakhir pada setiap bulan Safar. Tradisi ini merupakan upaya melestarikan budaya dan menjadikan mandi Safar sebagai pertunjukan wisata daerah tersebut.

Acara tersebut dilaksanakan sepanjang pantai di daerah Desa Air Putih. Salah satunya adalah di pantai Harapan.

Sebelum kegiatan mandi Safar dimulai, kata Erwan, setiap orang mempersiapkan makanan khas daerah masing – masing sebagai sajian untuk kegiatan makan bersama oleh warga setempat.

“Bisa seperti ketupat, gulai ikan, gulai ayam, dan ada juga yang membawa makanan serondeng, termasuk berbagai jenis kue kue dan sebelum acara makan bersama, itu nanti warga desa saling tukar menukar makanan satu dengan yang lain,” kata Erwan. HALAMAN SELANJUTNYA>>

Baca Juga :   Eks Direktur Utama Jiwasraya Ditetapkan Tersangka Kasus Korupsi





Publisher : Apriandi

Lihat Juga

Warga Baubau Padati Pasar Wameo Menanti Kedatangan Presiden Jokowi

Kendari, KoranSN Warga Kota Baubau, Sulawesi Tenggara memadati Pasar Tradisional Wameo di Kelurahan Wameo, Kecamatan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!