Ribuan Banser Siap Dukung Asian Games, Menpora Ajak Masyarakat Jadi Volunteer

Gubernur Sumsel H Alex Noerdin didampingi Penasehat Banser Sumsel Dodi Reza Alex dan Ketua DPRD Sumsel Giri Kiemas berfoto bersama Barisan Anshor Serbaguna (Banser) di halaman Istana Gubernur Sumsel usai Apel Akbar 1000 Banser Sumsel, Rabu (26/4). (Foto-Ferdinand Deffryansyah/Koransn)

Palembang, KoranSN

Sebagai bentuk dukungan dalam rangka mensukseskan Asian Games 2018 nanti, ribuan Barisan Barisan Ansor Serbaguna (Banser) Nahdlatul Ulama se-Sumatera Selatan padati Griya Agung, untuk melaksanakan Apel Akbar, pada Rabu (26/4/2017). Dengan dipimpin langsung Gubernur Provinsi Sumsel H Alex Noerdin, apel tersebut juga dihadiri Kasat Komnas Banser H Alfa Isnaini, Ketua DPRD Provinsi Sumatera Selatan H M Giri Ramandha N Kiemas, Kepala Polisi Daerah Provinsi Sumsel Irjen. Pol Drs Agung Budi Maryoto MSi, Bupati terpilih Musi Banyuasin Dodi Reza Alex Noerdin serta beberapa kepala daerah lainnya.

Dalam kesempatan itu Alex menuturkan, Banser ini nanti akan bersama-sama seluruh masyarakat untuk mengamankan dan mendukung Asian Games. “Mereka ini akan membantu mengamankan pelaksanaan Asian Games nantinya,” katanya usai melaksanakan apel di Griya Agung, Rabu (26/4/2017).

Alex menuturkan, Asian Games 2018 merupakan pesta olahraga bangsa-Bangsa Asia, oleh sebab itu hal ini juga sebagai tantangan dalam perjuangan bangsa, perjuangan NKRI untuk mempertaruhkan segalanya demi kehormatan bangsa guna mensejahterakan rakyat.

“Medan perang saat ini berbeda dengan medan perang saat tahun 1945 lalu, salah satunya yakni berjuang mempertaruhkan segalanya demi kehormatan bangsa. Termasuk Asian Games ini, dimana hanya ada dua provinsi yang siap memikul amanah ini, yakni Jakarta dan Palembang yang menjadi tuan rumah Asian Games. Oleh karena itu,mari bersama-sama sukseskan Asian Games 2018 ini, sebab harga diri bangsa terletak di Asian Games, jangan sampai gagal buktikan bahwa kita sanggup memikul amanah ini,” tegasnya.

Baca Juga :   Kualitas Udara Sempat Sentuh Level Bahaya, Ratusan mahasiswa UIN RF Palembang Gelar Sholat Minta Hujan (FOTO)

Menurut Alex, saat ini Sumsel merupakan provinsi yang paling disegani, dan menjadi provinsi yang menjadi tauladan untuk provinsi lain. Dimana, pagi tadi (kemarin) Sumsel baru saja mendapat penghargaan dari Presiden RI mengenai perencaanaan pembangunan terbaik di Indonesia.

“Ayo maju maju maju, lawan dia dia dia, dia itu adalah kebodohan dan kemiskinan, itu musuh sebenarnya dari kita semua, jadi Bansor serbaguna mari kita perangi semua, pantang pulang sebelum menang,” tandasnya.

Sebelumnya ribuan banser ini menggelar apel terlebih dahulu di halaman kantor DPRD Sumsel. Mereka dilepas secara langsung oleh Ketua DPRD Sumsel HM Giri Ramanda N Kiemas dan Menpora RI, Imam Nahrawi untuk kemudian melakukan parade dan operasi semut menuju Griya Agung.

Dalam kesempatan itu, Menpora RI Imam Nahrawi menyatakan terima kasihnya kepada Ketua DPRD Sumsel dan Pemerintah Provinsi Sumsel yang memberikan tempat kepada ribuan banser untuk menggelar apel kesetian kepada NKRI sekaligus apel persiapan Asian Games.

“Acara ini (Asian Games) sangat penting untuk bersama kita dukung, karena seluruh lapisan masyarakat di tanah air harus bahu membanhu untuk terlibat dalam pesta olahraga di level Asia ini,” kata Imam.

Baca Juga :   Sekda: Listrik Gedung SPC Tidak Boleh Mati

Imam juga mengapresiasi persiapan Sumsel sebagai tuan rumah Asian Games 2018. Menurutnya, progres, baik infrastruktur maupun penyelenggaraan diatas estimasi awal. Saat ini progresnya sudah lebih dari 65 persen.

“Kita melihat perkembangan lebih lanjut nanti, baik infrastruktur maupun venue pada bulan Oktober atau sebelum tes even dilaksanakan,” ujarnya.

Imam juga mengajak banser dan seluruh masyarakat di Indonesia, terutama pemuda dan mahasiswa untuk menjadi bagian penting dari sejarah Asian Games 2018, dengan menjadi volunteer (relawan).

“Saya mengajak banser dan seluruh masyarakat di tanah air, khususunya para pemuda dan mahasisswa untuk menjadi bagian penting dari sejarah Asian Games ini dengan menjadi volunteer. Silahkan daftar nanti di bulan November, volunteer akan dibuka seluas luasnya, jadi apa saja yang penting terlibat,” ujarnya.

Lanjutnya, untuk cabang olahraga (Cabor), hingga kini belum di fix-kan, meski sudah ada beberapa cabor yang sudah dipastikan akan dimainkan di Palembang dan Jakarta.

“Agustus nanti baru kita fix kan cabor yang di Palembang dan di Jakarta,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua DPRD Sumsel HM Giri Ramanda N Kiemas optimis progres kesiapan Sumsel sebagai tuan rumah Asian Games akan berlangsung lancar dan tepat waktu. Ia juga berharap banser dapat ambil bagian di Asian Games ini, terutama dalam bidang pengamanan.

“Kawan-kawan banser kita percayakan sebagai relawan terutama untuk menjaga keamanan Asian Games,” pungkasnya. (tya/awj)

Antusias ribuan Barisan Anshor Serbaguna (Banser) NU Sumsel bersalaman dengan Gubernur Sumsel H Alex Noerdin usai gelar Apel Akbar 1000 Banser Sumsel di halaman Istana Gubernur jalan Demang Lebar Daun Palembang, Rabu (26/4). (Foto-Ferdinand Deffryansyah/Koransn)
Infografis Lembaga Penyalur LPG di Sumsel

Publisher : Apriandi

Avatar

Lihat Juga

3 Warga Palembang Meninggal 45 Positif Corona

Palembang, KoranSN Berdasarkan data dari Kasi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Dinas Kesehatan Kota Palembang, …