Ribuan Masyarakat Antusias Saksikan Bidar









Pimpinan PT Gas Enim Permai (GEP) Anwar Kohar SE menyerahkan tropy juara I kepada Tim RW 07 C Kelurahan Muara Enim. (Foto/Yudi Pranata/KoranSN)
Pimpinan PT Gas Enim Permai (GEP) Anwar Kohar SE menyerahkan tropy juara I kepada Tim RW 07 C Kelurahan Muara Enim. (Foto/Yudi Pranata/KoranSN)

Muara Enim, KoranSN

Ribuan masyarakat Muara Enim sangat antusias menyaksikan lomba bidar tradisional yang dilangsungkan di perairan Sungai Lematang. Sebanyak 28 peserta perahu bidar yang tersebar di Kelurahan Muara Enim Kecamatan Muara Enim, Kabupaten Muara Enim berjuang untuk menjadi yang terbaik.

Adapun lokasi lomba bidar dipusatkan di kampung 8 Kelurahan Muara Enim, Kecamatan Muara Enim. Lomba bidar ini terselenggara berkat disponsori oleh PT Gas Enim Permai (GEP) pimpinan Anwar Kohar SE bekerjasama dengan warga RW 06 dan RW 07 Kelurahan Muara Enim, yang berlangsung, Minggu (21/8/2016) mulai pukul 10.00 sampai 16.00 wib.

Lomba bidar disaksikan Camat Muara Enim Asarli Manudin, Lurah Muara Enim Abdul Nazir Asmi, dan pimpinan PT GEP Anwar Kohar, beserta masyarakat Muara Enim yang antusias menyaksikannya dibantaran sungai Lematang hingga ke jembatan gantung Kampung 8 Kelurahan Muara Enim. Lomba bidar ini merupakan bentuk kerjasama dan perhatian PT GEP kepada masyarakat Muara Enim dalam rangka turut memeriahkan HUT Kemerdekaan RI Ke-71.

Sebelum dimulai acara bidar, sekitar pukul 09.00 wib, rombongan Lurah Muara Enim, Pimpinan PT GEP bersama tokoh masyarakat Kelurahan Muara Enim melakukan ziarah ke makam puyang Raja Menggala dan hulubalangnya puyang Jagawani yang terletak di seberang kampung yang membelah sungail lematang dengan melintasi jembatan gantung.

Setelah ziarah itu, barulah, start peserta lomba bidar dibuka oleh Camat Muara Enim Asarli Manudin, kemudian secara simbolis bergantian dilanjutkan oleh Lurah Muara Enim dan pimpinan PT GEP Anwar Kohar.

Baca Juga :   Siswa SDN 10 Ujanmas Terima Beasiswa

Para peserta ini melintasi jalur Sungai Lematang dengan kondisi arus sungai yang tidak terlalu deras sehingga para peserta tidak kesulitan melajukan perahu bidarnya hingga menuju finish. Kendati, arus sungai yang sedang, ada juga para peserta bidar tidak bisa mengendalikan kecepatannya, menyebabkan perahunya terbalik. Panitia dengan berapa personilnya yang sigap telah berjaga-jaga di lokasi lintasan untuk membantu perahu para peserta agar bisa kembali melanjutkan lombanya.

Pimpinan PT GEP Anwar Kohar mengaku, sangat berterima kasih kepada masyarakat Muara Enim dan unsur pemerintahan, mulai dari Kelurahan, Kecamatan dan Kabupaten Muara Enim yang mendukung lomba bidar tradisional ini sehingga dapat berlangsung sukses dan disambut animo yang tinggi dari masyarakat.

Kegiatan yang dilangsungkan itu kata Anwar merupakan bentuk kepedulian perusahaannya kepada masyarakat sehingga akan terjalin hubungan yang harmonis, keakraban dan kekeluargaan hingga kedepannya.

Anwar juga merespon keinginan warga Kelurahan Muara Enim bahwa lomba bidar ini tidak hanya diikuti peserta laki-laki (bapak-bapak) saja melainkan perempuan (ibu-ibu). Anwar berjanji, kedepan, akan menyelenggarakan bidar tradisional yang dapat diikuti khusus oleh peserta perempuan.

Selanjutnya, Lurah Muara Enim Abdul Nazir Asmi di sela-sela lomba mengatakan, atas nama pemerintahan kelurahan dia menyampaikan apresiasinya atas terselenggaranya lomba bidar tradisional di wilayah Kelurahan Muara Enim, Kecamatan Muara Enim.

Baca Juga :   Angin Kencang Robohkan Pondok Sawah Milik Warga Semendo

Abdul Nazir Asmi berharap kepada pimpinan PT GEP, agar kegiatan lomba bidar ini tidak terbatas pada tahun ini saja melainkan, tetap berlanjut pada tahun-tahun mendatang. Kemudian, dapat menyelenggarakan berbagai kegiatan-kegiatan sosial lainnya untuk masyarakat Muara Enim.

Diakui Abdul Nazir, lomba bidar ini sangat bermanfaat bagi masyarakat untuk menyuguhkan hiburan dalam rangka peringatan HUT Kemerdekaan RI. Terbukti, antusias masyarakat menyaksikan lomba bidar di pinggiran Sungai Enim.

Ditambahkan Ketua Lomba Bidar, Marwin Darozi, para peserta yang berjumlah 28 perahu bidar akan memperebutkan tropy dan uang pembinaan yang disponsori oleh PT GEP. Untuk juara I berhak mendapatkan piala dan uang pembinaan sebanyak Rp 1,5 juta, Juara II Rp 1 juta, juara III Rp 750 ribu, dan Juara IV Rp 500 ribu.

Disebutkannya, untuk juara I bidar dimenangkan oleh peserta/tim dari RW 07 C Kelurahan Muara Enim, Juara II disabet oleh tim dari RW 06 B, kemudian juara III adalah peserta dari RW 06 F, dan juara IV adalah tim dari RW 06 C. (yud)





Publisher : awik obsesi

Lihat Juga

Hari Kemerdekaan, 18 Napi di Lapas Muara Enim Dibebaskan

Muara Enim, KoranSN 824 warga binaan atau narapidana dan anak yang berkonflik dengan hukum di …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.