Ribuan Warga Penerima Bansos di Empat Lawang Dicoret





Ilustrasi bantuan sosial (bansos) Pemerintah. (Foto/Antara)

Empat Lawang, KoranSN

Kementerian Sosial Republik Indonesia (Kemensos RI), diawal tahun 2021 mengakurasi Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). Dimana, DTKS ini menjadi rujukan data penyaluran bantuan sosial pemerintah ke masyarakat melalui berbagai program Pemerintah seperti Program Sembako yang dahulu bernama Bantuan Pangan non Tunai (BPNT), Program Keluarga Harapan (PKH), dan Bantuan Sosial Tunai (BST).

Akibatnya, banyak masyarakat yang sebelumnya menjadi penerima manfaat dari program sosial Pemerintah tersebut, tidak lagi menerima bantuan sosial, karena datanya hilang di DTKS Kemensos RI.

Kepala Dinsos Kabupaten Empat Lawang, Eka Agustina didampingi Kabid Pemberdayaan Sosial dan Penanganan Fakir Miskin, Fero Ananta mengatakan, ada sedikitnya lima ribuan lebih Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dari berbagai program sosial pemerintah melalui Kemensos RI di Kabupaten Empat Lawang, terpaksa hilang dari data karena dampak akurasi DTKS di Kemensos RI tersebut.

Baca Juga :   Prabowo-Sandi Bakal ke Kota Prabumulih

Dalam penjelasannya, data keluarga miskin yang dianggap tidak valid oleh Kemensos RI, itu dikeluarkan dari data penerima manfaat bantuan sosial Pemerintah.

“Jadi, bukan kita di kabupaten yang hapus, tapi di Kementerian pusat langsung. Ini penting saya tegaskan, takutnya masyarakat yang sebelumnya merupakan KPM program sosial Pemerintah salah faham ke kita, karena datanya hilang,” ungkap Eka Agustina, kemarin.

Dikatakannya, banyak penyebab data masyarakat miskin dihapus dari pusat data di kementerian, salah satunya nomor induk kependudukannya atau NIK-nya itu tidak valid, ganda atau non aktif di data Dukcapil (Kependudukan dan Catatan Sipil).

Baca Juga :   Kadis PMD PALI Kecewa dengan Kades

“Sebab, sesuai arahan dari Kementerian pihaknya sedang menjalin komunikasi dengan Disdukcapil terkait data kependudukan, khususnya data masyarakat miskin,” terangnya.  HALAMAN SELANJUTNYA  >>

Publisher : Anton Wijaya

Lihat Juga

Peringati Maulid Nabi, Kerja Bakti Bersihkan Masjid

Muaraenim, KoranSN Dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW, Pj Sekda Kabupaten Muaraenim Drs Emran …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.