Rolling Pejabat Perlahan Dimulai

Plt Walikota H Harnojoyo saat pelantikan 2 pejabat Pemkot yang dirolling

Palembang, SN

Setelah beberapa tahun belum adanya pergantian di struktur pejabat Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Pemerintah Kota Palembang. Kini Pelaksana tugas (Plt) Walikota Palembang H Harnojoyo perlahan mengubah struktur pejabat di beberapa SKPD.

Hal tersebut terlihat adanya pergantian posisi jabatan Sekretaris Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) beberapa waktu yang lalu. Tak hanya itu saja, Rabu kemarin (24/6), Plt Walikota juga merolling 2 pejabat Pemkot yaitu Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Cipta Karya (CK) dan Perumahan, Ana Heriayana dengan posisi jabatan staff ahli walikota bidang Sosial Masyarakat (Sosmas) dan Sumber Daya Manusia (SDM), Syaiful. Pelantikan ke-2 pejabat ini pun berlangsung tertutup di ruang rapat II Walikota.

Saat dikonfirmasi melalui Kepala Sub Bagian (Kasubag) Hubungan Media Pemkot Palembang, Adi Zahri membenarkan hal tersebut.

Dikatakannya, hari ini (kemarin, red) Plt Walikota dan Sekda melantik 2 pejabat di Pemkot Palembang. Pelantikan tersebut gunanya untuk melakukan penyegaran di struktur SKPD Pemkot Palembang. “Pejabat ini hanya dirolling, yang sebelumnya menjabat Staff ahli bidang Sosmas, kini menjadi kepala PUCK, begitu pula sebaliknya,” terangnya, Rabu (24/6).

Baca Juga :   Mahasiswa Asing Bertanam Kopi di Sumatera Selatan

Sementara itu, Saiful yang mulai hari ini menjabat Kepala Dinas PU CK-Perumahan, membenarkan adanya pertukaran jabatan antara dirinya dengan Ana Heryana. “Hari ini sudah sah dijabatan baru, yang pasti efektifitas kinerja, kecepatan, dan ketegasan dalam program kerja harus ditingkatkan,” katanya.

Saat ini, sambung Syaiful, salah satu program yang menjadi incaran yaitu program bedah rumah. Selama ini program tersebut sudah berjalan dan akan kembali dilanjutkan tahun ini khususnya untuk masyarakat yang kurang mampu. “Kami akan cek lagi setiap rumah yang sudah dibedah,” terangnya.

Pihaknya juga akan membentuk tim khusus untuk memantau rumah yang telah dibedah baik di kawasan Ilir maupun Ulu Kota Palembang untuk memastikan apakah program tersebut sudah berjalan dengan baik.
Tim khusus untuk memantau rumah yang telah dibedah tahun lalu dikawasan Hilir dan Hulu Kota Palembang yang akan ditugaskan memastikan bedah rumah yang dilakukan sudah berjalan dengan baik. “Secepatnya kami akan membentuk tim ini dan langsung melakukan tugasnya,” tegasnya.

Selain itu, lanjut Syaiful, program sanitasi juga menjadi program prioritas untuk mengentas program kumuh yang disebabkan limbah rumah tangga. “Jabatan baru ini merupakan amanah bagi saya, karena itu akan sebaik mungkin melakukan tugas dan kewajiban,” tandasnya.

Baca Juga :   Sekda: Listrik Gedung SPC Tidak Boleh Mati

Sebelumnnya, Plt Walikota Palembang berencana akan melakukan penyegaran atau rolling jabatan disetiap SKPD, namun penyegaran tersebut tetap mempertimbangkan kinerja dan program yang dijalan selama 6 bulan terakhir.

“Tidak menutup kemungkinan, namun harus berdasarkan prestasi, yang baik ditingkatkan dan yang kurang baik dibenahi,”kata Plt Walikota Palembang, H Harnojoyo usai menghadiri rapat Paripurna di DPRD Palembang, kemarin (17/6)

Namun, sambung Harnojoyo, pihaknya belum dapat memastikan kapan penyegaran atau rolling tersebut akan dilakukan. “Hut  Palembang kali ini harus dijadikan sebagai moment untuk mereview, merevisi, mengevaluasi dan menentukan action plans kedepan guna mensukseskan pembangunan kota Palembang,” pungkasnya. (wik)

Publisher : Ferdin Ferdin

Avatar
Pewarta Harian Suara Nusantara, www.koransn.com, Mingguan Suara Negeriku.

Lihat Juga

Korban Corona Bertambah, Sehari 6 Warga Sumsel Meninggal Dunia

Palembang, KoranSN Berdasarkan data dari Dinas Kesehatan Sumsel, Rabu (30/9/2020) dalam satu hari enam warga …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.