Rp 4 Miliar Untuk 20 Unit Mobil Samsat Keliling



Plt Kadispenda Sumsel, Marwan Fansuri
Plt Kadispenda Sumsel, Marwan Fansuri

Palembang, KoranSN

Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Sumsel telah menganggarkan sebesar Rp 4 Miliar untuk pembelian 20 unit mobil samsat keliling. Hal tersebut tujuannya untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Sumsel di sektor Pajak Kendaraan Bermotor (PKB)

“Penganggaran ini dilakukan pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Induk 2017,” kata Pelaksana tugas (Plt) Dispenda Sumsel, Marwan Fansuri, Kamis (24/11/2016).

Ia menerangkan, nantinya dari 20 unit mobil tersebut akan dibagikan ke Kabupaten/Kota di Sumsel. Untuk di Kota

Palembang sendiri itu nantinya akan ada empat mobil samsat keliling. Diterangkannya, saat ini memang mobil samsat keliling sudah ada

namun hanya satu.

Baca Juga :   Investor Cina Bakal Bangun PLTU Baru

“Dengan bertambahnya mobil samsat keliling ini kami berharap realisasi PKB juga meningkat,” harapnya.

Saat ini, sambung Marwan, pihaknya hanya memperingatkan para Wajib Pajak (WP) yang menunggak, Karena itu, mobil samsat ini dapat mengejar para WP yang selama ini menunggak tersebut. Jika nantinya ditemukan WP yang masih belum melakukan

pembayaran pajak maka pihaknya akan meminta untuk melakukan pembayaran ditempat.

“Nantinya setiap kendaraan bermotor akan dicek dahulu tunggakannya berapa dan pajak yang harus dibayarkan berapa, setelah itu akan langsung diminta membayar ditempat,” terangnya.

Untuk pengecekan tunggakan pajak dan pembayaran sendiri, lanjut Marwan, saat ini dapat dilakukan dengan aplikasi yang baru-baru ini diluncurkan oleh Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Sumsel. Diharapkan dengan aplikasi yang berbasis online ini dapat mempermudah masyarakat dalam membayar PKB.

Baca Juga :   Aswari: Suara Gerindra Bakal Meningkat 50 Persen di Sumsel

Dirinya juga menambahkan, sejauh ini realisasi pemutihan pajak PKB sesuai progres, bahkan baik dalam penerimaannya. Setidaknya, target berdasarkan ABT 2016, untuk pemutihan 4 bulan hampir dicapai dalam 2 bulan saja. Dirinya juga mengaku optimis dari sisi program pemutihan PKB akan mampu melampaui target yang ditetapkan.

“Realisasi pemutihan pajak, per bulannya bisa lebih Rp 110 miliar, padahal target kita dala, 4 bulan Rp 297 miliar,” tandasnya. (wik)



Publisher : awik obsesi

Lihat Juga

Pj Bupati Banjarnegara Tri Harso Widirahmanto Pimpin Gelar Apel Kesiapan Pasukan Operasi Keselamatan Lalu Lintas 2024

Banjarnegara, KoranSN Forkompinda Banjarnegara dan jajarannya telah melaksanakan gelar apel pasukan operasi keselamatan dan pencanangan …

error: Content is protected !!