RSUD Prabumulih Dipenuhi Pasien DBD

Ilustrasi pasien penyakit DBD. (foto/net)

Prabumulih, KoranSN

Penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) saat ini tengah mewabah di Kota Prabumulih. Sejak Januari hingga saat ini tercatat ada 16 pasien yang dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Prabumulih.

Direktur Rumah Sakit Umum, dr Hj Rusmini melalui Kepala Sub Bagian Rekam Medik dan Informatika Denny Kurniawan mengatakan dari 16 pasien yang dirawat 5 diantaranya adalah warga Kabupaten Muara Enim.

“9 pasien masuk pada bulan Januari, 5 pasien Februari, dan Maret 2 pasien. Dari 16 pasien 5 diantaranya merupakan warga Kabupaten Muara Enim,” ungkapnya, Kamis (9/3/2017).

Baca Juga :   Tim Gabungan Patroli Dialogis Cegah Penyebaran Covid-19 di Lubuklinggau

Guna menindaklanjuti penyebaran DBD tersebut, kata Denny, pihaknya akan mengirimkan Kewaspadaan Dini Rumah Sakit (KDRS) ke masing-masing Puskesmas di wilayah tersangka DBD.

“Tujuannya agar wilayah tempat tinggal pasien dapat di tindak lanjuti oleh Dinas Kesehatan setempat,” ujarnya.

Mengenai perbandingan penderita DBD tahun ini dengan tahun lalu, Denny menuturkan jumlah kasus DBD tahun ini mengalami penurunan sebanyak 60 persen.

“Kalau tahun lalu itu ada 71 pasien di bulan Januari dan Februari terus meningkat hingga 112 pasien,” tuturnya.

Kepala Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P3) Juadi menambahkan pihaknya telah melakukan pencegahan dan penanggulangan penyakit di Kota Prabumulih Ini. Salah satunya kasus malaria dan penyelidikan epidemiologi ke wilayah tempat tinggal pasien.

Baca Juga :   NasDem Deklarasikan Dukungan ke ISO

“Dari penyelidikan yang kami lakukan, pasien yang sebelumnya telah memiliki riwayat penyakit malaria kemungkinan akan mengalami penyakit yang sama,” tambahnya. (and)

Infografis Lembaga Penyalur LPG di Sumsel

Sosialisasi Penukaran Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Republik Indonesia

Publisher : Anton Wijaya

Avatar

Lihat Juga

Pelajari Retribusi Menara Telekomunikasi, DPRD Prabumulih Kunker OKU Timur

Martapura, KoranSN Komisi III DPRD Kota Prabumulih melakukan kunjungan kerja (Kunker) ke Dinas Komunikasi dan …