Rumah Jamur Pertamina Beromzet Rp 12 Juta

Tim Manajemen Pertamina bersama Masyarakat Pedado meninjau Rumah Jamur Mac-Mur. (foto-ist)

Palembang, KoranSN

Dalam rangka membangun kemandirian masyarakat dan peningkatan ekonomi lokal melalui program CSR, Pertamina mengembangkan usaha Rumah Jamur di Kampung Pedado yang dikelola oleh masyarakat setempat. Dalam satu hari rumah jamur yang diberinama Rumah Mac-Mur dapat menghasilkan omzet rata-rata Rp 12 juta/bulan dengan 20 Kg jamur organik yang dihasilkan setiap hari. Hal tersebut dikatakan Area Manager CSR & SMEPP Pertamina Sumbagsel, Susarwanto, kemarin.

Dijelaskannya, saat ini ada sekitar 20 kelompok dari masyarakat Kampung Pedado yang aktif mengusahakan budidaya jamur di Rumah Jamur Pertamina. Jamur yang dihasilkan dijual ke pasar lokal maupun melalui pemasaran daring. “Permintaan dari pasar ritel modern sudah ada, namun kapasitas produksi saat ini masih belum mampu memenuhi permintaan tersebut,”ujarnya.

Baca Juga :   RU III & MOR II Berbincang Sehat

Potensi pengembangan ekonomi dari budidaya jamur menurutnya, masih besar dalam bentuk hasil olahan jamur menjadi produk makanan seperti nugget, bakso bahkan brownies. Ke depan selain Rumah Jamur dan Rumah Baca Ceria, CSR SMEPP Pertamina berencana mengembangkan Kampung Pedado sebagai salah satu dari Desa Binaan Pertamina.

Sementara itu dalam bidang pendidikan dikatakannya, didirikan Rumah Baca Ceria Pertamina sebagai pusat pendidikan PAUD dan TK serta perpustakaan yang dibangun Pertamina 3 tahun lalu. Selain mendidik anak-anak, Rumah Baca Ceria Pertamina juga memberdayakan orang tua murid dengan mengajarkan kerajinan membuat keset.

Baca Juga :   IM3 Ooredoo-GOJEK Hadirkan Paket Online Gaspol

“Pendidikan adalah bagian dari program CSR yang menjadi pusat perhatian Pertamina dalam mencerdaskan kehidupan bangsa,”pungkasnya. (ima)

Infografis Lembaga Penyalur LPG di Sumsel

Sosialisasi Penukaran Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Republik Indonesia

Publisher : Awid Durrohman

Awid Durrohman

Lihat Juga

IndonesiaNEXT Season 5 di Sumatera

Palembang, KoranSN Telkomsel #TerusBergerakMaju mendorong generasi muda Indonesia untuk mengembangkan kompetensi dan meningkatkan daya saing …