Rumah Pelaku Pemerkosa & Pembunuhan Mahasiswi UIN RF di Muara Enim Dirusak Warga





Pihak kepolisian saat melakukan olah TKP di lokasi penemuan jenazah Fatmi beberapa waktu lalu. (Foto-Istimewa)

Palembang, KoranSN

Rumah tersangka Upuzan alias Sirun (34), pelaku pembunuhan sadis korban Fatmi Rohanayanti mahasiswi UIN Raden Fatah (RF) Palembang, di Desa Suban Baru Kecamatan Kelekar Muara Enim dirusak warga.

Hal itu terjadi pasca masyarakat desa mengetahui jika pelaku pemerkosa dan pembunuhan korban adalah Upuzan. Dimikianlah dikatakan Kapolda Sumsel, Irjen Pol Zulkarnain Adinegara.

Menurut Kapolda, massa merusak rumah tersangka karena emosi terhadap pelaku yang telah membunuh korban secara sadis dan keji.

“Jadi, warga desa yang emosi sempat merusak rumah pelaku Upuzan alias Sirun. Namun kejadian itu langsung diredahkan oleh petugas. Untuk itu, saya menghimbau kepada warga agar mempercayakan proses hukum pelaku kepada pihak kepolisian, sebab dalam kasus ini pelaku kami jerat dengan pasal berlapis yang ancamannya hukuman mati. Selain itu, saya juga akan meminta agar pelaku juga diberikan hukuman kebiri,” jelas Kapolda.

Masih dikatakan Kapolda, lokasi desa korban dengan desa tersangka bersebelahan. Bahkan dari pemeriksaan yang dilakukan, diketahui jika tersangka merupakan mantan Napi Nusa Kambangan.

Baca Juga :   1 Kg Sabu Gagal Beredar di Muba

“Sekitar 2 tahun yang lalu tersangka bebas dari Nusa Kambangan dan kembali ke desanya di Desa Suban Baru Muara Enim. Tersangka dipenjara di Nusa Kambangan selama 10 tahun dalam kasus perampokan, pemerkosaan dan pembunuhan. Setelah bebas, pelaku kembali ke desanya, dan kini pelaku melakukan aksi kejahatan yang sama terhadap korban Fatmi,” ungkap Kapolda.

Dilanjutkan Kapolda, dalam aksinya tersangka sangat sadis dan keji. Sebab, korban dirampok sepeda motornya kemudian diperkosa lalu dibunuh.

“Usai kejadian polisi melakukan penyelidikan hingga akhirnya tersangka berhasil ditangkap oleh Polres Muara Enim,” pungkas Kapolda.

Diketahui sebelumnya, warga Desa Menanti Kabupaten Muara Enim, Kamis (31/1/2019) pukul 15.00 WIB dihebohkan dengan penemuan jenazah perempuan di semak-semak di kawasan desa tersebut. Diketahui jika korban adalah Fatmi Rohanayanti mahasiswi UIN Raden Fatah Palembang yang tercatat sebagai warga Desa Menanti Muara Enim. Korban tewas karena menjadi korban perampokan.

Kapolres Muara Enim, AKBP Afner Juwono ketika dikonfirmasi saat itu mengungkapkan, pihaknya masih melakukan penyelidikan penemuan jenazah korban tersebut.

“Benar, dan kini kami masih melakukan penyelidikan,” kata Kapolres singkat.

Baca Juga :   Uang Rp 40 Juta Digelapkan Teman Sendiri

Sementara Kabag Ops Polres Muara Enim, Kompol Irwan Andeta menambahkan, saat ditemukan kondisi jenazah korban Fatmi Rohanayanti sudah dalam keadaan tanpa busana, dan leher serta mulut korban diikat pelaku menggunakan pakaian korban.

“Tewasnya korban yang merupakan mahasiswi di Palembang dan tercacat sebagai warga Muara Enim ini diduga korban perampokan. Untuk jenazah korban tersebut ditemukan di semak-semak di kebun yang berada di kawasan Desa Menanti,” ungkapnya.

Terpisah, Humas Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah Palembang, Kemas Ari yang dikonfirmasi saat itu membenarkan, jika korban Fatmi Rohanayanti merupakan mahasiswi di UIN Raden Fatah Palembang Fakultas Syariah Jurusan Hukum Keluarga Islam semester 3.

“Korban di Palembang ngekos, sebab orang tuanya di Muara Enim. Saat kejadian korban pulang ke rumahnya di Muara Enim dalam rangka liburan, karena para mahasiswa lagi libur kuliah,” ungkapnya. (ded)

Publisher : Apriandi

Lihat Juga

Perahu Motor Los Kontak Tujuan Sulsel Berhasil Ditemukan

Palu, KoranSN Kantor SAR Pencarian dan Pertolongan/Basarnas Palu mengatakan perahu motor Hercules yang berlayar dari …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.