Rumahnya Dibedah, Ibu Asnoni: Saya Tidak Lagi Was-was

Foto bersama Wali Kota Palembang dan Camat SU II bersama kelauarga ibu  Asnoni. (foto/ist)
Foto bersama Wali Kota Palembang dan Camat SU II bersama kelauarga ibu Asnoni. (foto/ist)

Palembang, KoranSN

Asnoni (60), salahsatu warga yang tinggal di Jalan Pandjaitan, Kelurahan Tangga Takat, Kecamatan Seberang Ulu (SU) II, tak henti-hentinya mengucapkan syukur usai rumahnya dibedah oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang melalui Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Palembang, Rabu (5/10/2016).

Perempuan yang tinggal bersama suaminya Gaudi (65) tersebut mengatakan, setelah rumahnya dibedah, dia tidak akan merasa was-was lagi, terutama saat hujan.

“Alhamdulillah, kami sangat bersyukur atas berkah yang diberikan oleh Allah melalui pemerintah Palembang. Sudah tidak was-was lagi akan kebanjiran kalau sedang hujan deras. benar-benar dak sangko biso dapat rumah bagus cak ini,” ujarnya.

Noni yang dulunya bekerja sebagai tukang cuci pakaian tersebut, terpaksa harus berhenti bekerja sejak ia menderita penyakit stroke ringan selama 1 tahun belakangan. Bukan hanya dia, suaminya pun telah lama menderita penyakit lumpuh sejak 9 tahun lalu. Dia mengaku, setidaknya dengan bantuan pemerintah ini, dia dan suami dapat merasakan tinggal dirumah yang lebih layak.

“Terimakasih banyak pak Walikota, akhirnya kami bisa merasakan tinggal di rumah yang layak. Sekarang kami hanya perlu memikirkan, bagaimana untuk mencari makan sehari-harinya saja, masalah rumah kini tidak jadi persoalan lagi,” katanya.

Baca Juga :   Bentuk Tim Khusus, Pembangunan Hotel Tepian Musi Dikaji Lagi

Noni memiliki dua orang anak yang masing-masing sudah berkeluarga. Dia mengatakan, selama satu tahun terakhir ini, anaknya yang meneruskan pekerjaan sebagi tukang cuci dan membantu kebutuhan sehari-hari mereka.

“Selama rumah dibedah, kami tinggal dikontrakan yang tak jauh dari sini. Biaya kontrakan dibayar oleh pemerintah,” imbuhnya.

Sementara itu, Walikota Palembang, Harnojoyo usai menyerahkan secara resmi rumah bedah tersebut mengungkapkan, rumah tersebut sebelumnya merupakan rumah yang tidak layak huni dan pemiliknya pun keluarga tidak mampu. Sekitar dua bulan lalu pihaknya sempat berkunjung di daerah ini, setelah melihat kondisi rumah, pemkot memutuskan akan melakukan bedah rumah.

“Tepatnya tanggal 11 Agustus, kami berkunjung ke rumah ini, keadaannya sangat memprihatinkan bahkan nyaris roboh, Alhamdulillah hari ini (kemarin) telah selesai dibedah dan secara resmi kami serahkan kepada ibu asnoni dan keluarga, semoga bermanfaat bantuan dari kami ini,” ungkapnya.

Dalam kesempatan yang sama, Wakil Ketua Baznas Kota Palembang, Maruzi Tarmizi menjelaskan, rumah ini layak dibedah karen memang memenuhi syarat, diantaranya tanah sah milik sendiri atau tidak sengketa, keadaan ekonomi keluarganya yang kurang mampu. .

“Program ini baru kita lakukan ditahun ini, beberapa waktu lalu sudah ada dua yang disampaikan kepada kami untuk dilakukan bedah rumah, namun setelah kita lakukan peninjauan, ternyata belum memenuhi syarat. Rata-rata biaya pembangunan di atas Rp 60 juta, untuk rumah ibu Asnoni ini kita habiskan dana sekitar Rp 70 juta,” terangnya.

Baca Juga :   Dana Pendidikan Satu Juta Satu Siswa, Bagi yang Berprestasi dan Tidak Mampu

Menurut Maruzi, dana yang digunakan berasal dari pegawai Pemkot Palembang, dimana setiap golongan dipotong gaji sekitar 2,5 persen sebagai zakat. Sepanjang tahun 2016 hingga September ini, sudah terkumpul sekitar Rp 600 juta dengan target Rp 1,3 miliar.

“Tahun lalu sekitar Rp 800juta lebih, kita targetkan tahun akan meningkat dari tahun lalu. Selain dana untuk bedah rumah, dana ini juga kita gunakan untuk bantuan lainnya seperti bantuan untuk anak sekolah yang berprestasi, bantuan kesehatan masyarakat yang tidak mampu,” pungkasnya. (tya)

Infografis Lembaga Penyalur LPG di Sumsel

Sosialisasi Penukaran Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Republik Indonesia

Publisher : Anton Wijaya

Avatar

Lihat Juga

Diresmikan MenPAN-RB, Palembang Miliki Mall Pelayanan Publik

Palembang, KoranSN Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia (MenPAN-RB), Tjahjo Kumolo hadir …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.