SA Supriono: Masalah Kesehatan Bukan Hanya Persoalan Dinkes Banyuasin

Kadinkes Banyuasin, Dr Hakim saat menerima penghargaan bebas rokok dari Bupati Banyuasin, Ir H SA Supriono dalam Peringati Hari Kesehatan Nasional ke 53 tahun yang digelar di Graha Sedulang Setudung. (Foto-Siryanto/Koransn)

Banyuasin, KoranSN

Bupati Banyuasin, Ir SA Supriono MM menegaskan, masalah kesehatan bukan hanya persoalan Dinkes Banyuasin tetapi melibatkan beberapa OPD seperti Dishub, Perkimtan, DLH, PUTR, Bappeda dan Pendidikan.

Hal itu ditegaskan bupati saat menghadiri Peringati Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-53 dengan tema ‘Sehat keluargaku sehat Indonesia ku’, yang digelar di Graha Sedulang Setudung, Jumat (1/12/2017).

“Persoalan buang air sembarangan, rumah kumuh banyak, tidak layak huni banyak. Tidak hanya Dinkes tapi OPD lain. Maka koordinasi perlu jalan,” katanya.

Baca Juga :   Terminal Pendopo Bakal Direnovasi

Sebelumnya, dalam acara tersebut Bupati SA Supriono membacakan sambutan Menkes RI yang mengingatkan pentingngnya hidup sehat. Sehat melalui pendekatan keluarga, dimana keluarga menjadi awal untuk mendorong masyarakat yang mandiri untuk hidup sehat.

“Kita tahu bahwa komponen terpenting dalam pencegahan penyakit selain dipengaruhi kualitas lingkungan serta sarana dan prasarana pelayanan kesehatan adalah prilaku keluarga,” ujar Supriono.

Kemudian ia mengajak semua masyarakat untuk bersama-sama mensukseskan program Indonesia sehat dengan pendekatan keluarga.

Karena Indonesia sehat dapat diwujudkan melalui keluarga-keluarga yang sehat. Sehingga membentuk masyarakat sehat berprilaku hidup bersih dan sehat selalu mengkonsumsi makanan, yang sehat tetatur makan sayur dan buah serta senantiasa berolahraga atau melakukan aktivitas fisik.

Baca Juga :   Asrama Polsek RKT Diresmikan

Selain itu, masyarakat juga diharapkan melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin, tidak merokok dan menciptakan lingkungkungan yang bersih dan sehat.

Pada acara HKN tersebut dilakukan pemberian penghargaan lomba kesehatan tingkat kabupaten kepada tenaga kesehatan, dokter teladan, bidan teladan, paramedis teladan, juru imunitas teladan, sekolah SD, SMP dan SMA Sehat, Posyandu teladan, Desa Sehat Desa Siaga dan lomba Posyandu.

Disamping itu, juga ada kegiatan sosial berupa khitanan massal yang diikuti oleh anak kurang mampu. (sir)



Publisher : Apriandi

Lihat Juga

Dandim 0404 Kunker ke PALI Disambut Wabup Soemarjono

PALI, KoranSN Bupati PALI, Dr. Ir. H. Heri Amalindo, MM melalui Wakil Bupati PALI, Drs. …

error: Content is protected !!