Saksi Dodi-Giri Tolak Tandatangani Hasil Rekap KPU OKI





Tampak Hasil rekapitulasi suara pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumsel di tingkat KPU Kabupaten OKI selesai dilakukan, Rabu sore (5/7/2018). (foto-maniso/koransn.com)

Kayuagung, KoranSN

Hasil rekapitulasi suara pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumsel di tingkat KPU Kabupaten OKI selesai dilakukan, Rabu sore (5/7/2018). Hanya saja saksi Paslon nomor 4 Dodi-Giri, menolak untuk menandatangani hasil rekapitulasi tersebut.

Saksi Paslon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumsel nomor urut 4, Atian Arbi mengatakan, pihaknya sengaja tidak menandatangani hasil rekapitulasi karena banyak terindikasi terjadi kecurangan. Misalnya masalah DPT tidak singkron dengan DPT yang dikeluarkan KPU dan terjadi di setiap kecamatan.

“Jadi mata pilih yang seharusnya bisa mencoblos jadi tidak bisa karena tidak masuk DPT,” tegasnya.

Kemudian masalah pemilih yang tidak mendapat undangan dan menggunakan e-KTP atau Suket bisa mencoblos siang hari dan waktunya singkat. Sementara ada pemilih yang tinggal jaraknya jauh dari TPS sebelum mereka datang waktunya sudah habis.

Lalu rekapitulasi suara di tingkat PPK satu hari satu malam, sementara kotak suara yang ada di sana dua hari dua malam ini tidak menjamin keamanan isi kotak suara. “Makanya saya tidak ikut menandatangani,” imbuhnya.

Dari perhitungan hanya ada beberapa kecamatan yang berbeda, itu salah satu protes yang dilakukan.

Ketua KPUD OKI Dedi Irawan SIP MSi mengungkapkan, penolakan penandatanganan tersebut merupakan hak dari saksi. “Itu hak saksi kalau tidak ingin menandatangi, yang tidak boleh itu, kalau dia (saksi) menghalang-halangi,” terangnya.

Meskipun pihak saksi enggan menandatangani hasil rekapitulasi, hasilnya tetap dapat dilanjutkan. Kalau ada keberatan, bisa dilakukan nanti di tingkat provinsi.

Baca Juga :   Enos Harapkan Aparat Desa di OKUT Pahami Tupoksi

Dari hasil rekapilutasi pasangan Cagub dan Cawagub Sumsel nomor urut 3 H Ishak Mekki-Yudha Pratomo meraup suara terbanyak sebesar 182.059 suara sebesar 48,59 persen. Kemudian Paslon nomor urut 1 H Herman Deru- H Mawardi Yahya 109.288 atau 29,17 persen, lalu pasangan nomor 4 Dodi Reza – Giri Ramanda 38.250 suara 10,21 persen dan Paslon nomor urut 2 Aswari Rivai- Irwansyah 30.073 suara 8,03 persen. Sedangkan total suara sah dan tidak sah sebanyak 374.688 dengan persentase jumlah pemilih di OKI 78,57 persen.

“Hasil pleno di tingkat kabupaten ini, nantinya akan langsung di bawa ke KPU Provinsi Sumsel. Kita menyaksikan hasil rekapitulasi dan sesuai dengan tahapan, dan semuanya berjalan lancar,” tandasnya. (iso)







Publisher : Awid Durrohman

Lihat Juga

Yopi Karim Silaturahmi dengan Keluarga Besar Desa Terusan, Rantau Telang dan Tanjung Agung

Lubuklinggau, KoranSN Bakal Calon Walikota Lubuklinggau H Rachmat Hidayat yang akrab dipanggil Yopi Karim mendapat …

error: Content is protected !!