Sakura Sumba, Flamboyan, Tabebuya Percantik Lokasi MotGP Mandalika






Sakura Sumba, Flamboyan, Tabebuya Percantik Lokasi MotGP Mandalika. (foto-antaranews)

Mataram, KoranSN

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) berencana mempercantik lokasi MotoGP Mandalika dengan menanam pohon sakura sumba, flamboyan, dan tabebuya.

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya di Mandalika, Lombok Tengah, NTB, Senin, mengatakan Mandalika adalah satu dari lima destinasi wisata yang harus selesai infrastrukturnya untuk target 2020 sehingga pada 2021 operasional tertentu sesuai agenda wisata bisa dijalankan.

Jika melihat desainnya untuk keperluan wisata dan pemandangan, maka pohonnya harus jenis berbunga, dan penanamannya juga harus dirancang sedemikian rupa.

Oleh karena itu, pohon yang dipilih adalah flamboyan atau Royal poinciana, tabebuya atau Trumpet trees, dan sakura sumba atau pohon konjil.

Bibit yang harus ditanam setidaknya sudah setinggi 1,5 meter dan pendanaannya bisa menggunakan dana Program Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (CSR), mengingat harga bibit untuk ukuran tersebut cukup mahal, sekitar Rp100 ribu hingga Rp300 ribu per batang.

Baca Juga :   DPRD Jabar Undang Asosiasi Terkait Pembahasan Raperda Desa Wisata

“Saya minta dirjen, Pak Karli (Dirjen Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Karliansyah, red.) sama Dirjen DAS, bahwa kita enggak bisa menanam pakai bibit biasa yang 60 sentimeter (cm) atau 80 cm karena tahun depankan harus sudah kelihatan berdiri dan ada bunganya. Karena itu paling tidak satu setengah meter tingginya,” ujar dia.

Ia menyebut alokasi anggaran yang besar jika mengandalkan APBN untuk penanaman bibit pohon seperti itu.

“Kalau yang seperti itu kalau dari APBN terlalu mahal bisa-bisa Rp250 ribu hingga Rp300 ribu satu pohon. Atau Rp100 ribu. Makanya CSR BUMN atau swasta saja kita minta tolong,” katanya.

Baca Juga :   Gema Budaya Indonesia di Golden Ring Rusia

Saat ditanya apakah seluruh penghijauan tersebut akan menggunakan dana CSR, Siti mengatakan, akan memperhitungkan lagi mana yang memungkinkan dengan APBN.

Ajang balap dunia MotoGP tahun 2021 rencananya digelar di Mandalika, Lombok Tengah, NTB.

Menurut Sporting Director Dorna Sports, Carlos Ezpeleta, MotoGP tersebut digelar pada Maret atau justru akhir 2021.

Lokasi MotoGP Mandalika disebut sebagai sirkuit jalan raya pertama untuk balapan MotoGP, mempunyai panjang lintasan 4,31 kilometer serta 17 tikungan lintasan. (antara/ima)

Publisher : Awid Durrohman

Lihat Juga

KPI Sebut Wisata Budaya Raih Indeks Tertinggi Program Siaran TV

Bekasi, KoranSN Tema wisata budaya meraih indeks tertinggi sebagai program televisi di Indonesia menurut Hasil …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.