Sampah Menumpuk di Jalan Lintas Lahat-Pagaralam

Tampak sampah menumpuk di pinggir jalan. (foto-robby/koransn.com)

Lahat, KoranSN

Tumpukan sampah di Jalan Lintas Lahat-Pagaralam lewat arah Kecamatan Gumay Ulu setiap harinya menjadi pemandangan tidak menyedapkan bagi pengendara maupun warga yang melintasi lokasi.

Ironisnya, meskipun terkadang dibersihkan namun sampah yang berada diwilayah bukan kewenangan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Pemerintah Kabupaten Lahat tersebut tetap kembali menumpuk.

Kondisi ini sangat dikeluhan warga sekitar mengingat bukan hanya menimbulkan aroma tidak sedap, tumpukan sampah juga bisa menjadi sumber penyakit bagi warga.

Tak hanya warga, Kepala Dinas DLH Kabupaten Lahat, Ir Misri MT melalui Kabid Limbah B3, Budi Utama SIP juga menyayangkan terus menumpuknya sampah dilokasi tersebut padahal setiap harinya selalu dibersihkan.

Baca Juga :   Kepala SMA di PALI Sambut Baik Penghapusan UN

“Bermacam upaya dilakukan agar masyarakat tak lagi membuang sampah dilokasi itu seperti memasang papan larangan membuang sampah namun tetap saja tak indahkan warga. Meskipun bukan dilokasi wewenang wilayah DLH Lahat, sampah dilokasi tersebut setiap harinya selalu kami angkut untuk dibuang ke tempat pembuangan namun sampah terus menumpuk dilokasi,” kata Budi kepada Suara Nusantara.

Dikatannya, pihaknya berharap ada peran pemerintah desa seperti menganggarkan pembelian bentor untuk angkut sampah warga dan upah tenaga kebersihan melalui dana desa.

“Meski jauh dari pemukiman warga namun sampah itu juga berpotensi menganggu kesehatan dan khususnya kerapian dan kenyamanan di lokasi apalagi dilokasi merupakan jalan lintas kabupaten,” terangnya.

Baca Juga :   Udara di Sumsel Sangat Tidak Sehat

Pantauan yang dilakukan Suara Nusantara, Minggu (21/10/2018), tumpukan sampah terlihat memenuhi tepi hingga badan jalan dilokasi. Tampak sekali berbagai jenis sampah di buang di sisi kiri dan kanan jalan.

“Yang pasti warga sengaja membuang sampah kesini. Pasalnya tumpukkan sampah selalu bertambah setiap harinya,” tutur Rizal, seorang warga yang tengah melintas dilokasi. (rob)

Infografis Lembaga Penyalur LPG di Sumsel

Sosialisasi Penukaran Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Republik Indonesia

Publisher : Awid Durrohman

Awid Durrohman

Lihat Juga

BAZNAS Muba Raih Predikat Lembaga Terbaik di Tingkat Provinsi Sumsel

Sekayu, KoranSN Prestasi membanggakan terus diraih oleh Kabupaten Musi Banyuasin dibawah kepemimpinan Bupati Dr H …