Sapi OKI Rebutkan Piala Bupati





Iskandar-SE-M-Rifai-SE

 

 

 

 

Lebih dari 50 ekor sapi yang diternak di seluruh kecamatan di Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) mengikuti kontes ternak untuk memperebutkan piala Bupati OKI. Kontes dipusatkan di Desa Mulyaguna Kecamatan Mesuji Raya, Senin (19/10).

Kontes ini dilakukan pemerintah daerah karena selama ini harga sapi selalu naik akibat kurangnya pasokan. Peserta kontes merupakan para peternak sapi utusan kecamatan. Kategori penilaian yakni meliputi kesehatan sapi, bobot sapi dan indikasi kesehatan sapi lainnya.

Kepala Dinas Peternakan OKI Ir Amiruddin menjelaskan, tujuan pelaksanaan kontes ternak tersebut  untuk memberikan motivasi peternak agar memproduksi ternak yang berkualitas. “Adanya kontes, para kelompok ternak sapi dapat berlomba-lomba meningkatkan kualitas ternaknya, hal ini juga  sekaligus  ajang promosi bahkan wadah bertukar informasi antar peternak,” katanya.

Lanjut dia, Bupati OKI akan memberikan hadiah kepada para pemenang kontes berupa Piala serta dana pembinaan. Hal ini semoga bisa memotivasi para peternak dengan kualitas ternak yang baik, maka kualitas daging juga akan bagus.

Sedangkan Bupati OKI Iskandar SE memberikan apresiasi adanya kontes sapi. Kontes ini bernilai positif dan akan menjadi percontohan di daerah lain. “Kegiatan ini sangat bagus dan pertama kali diadakan di OKI, tentu akan menjadi contoh bagi pemerintah daerah lainnya guna meningkatkan kualitas ternak,”katanya.

Baca Juga :   3 Pama di Kodim 0402 Dirotasi, 1 Pindah Satuan ke Korem 044

Ditambahkan Iskandar, kontes ini akan diadakan secara kontinue sehingga kabupaten akan menjadi daerah penghasil ternak di Sumsel. “Alhamdulilah pengembangan ternak di OKI semakin baik, begitu juga pengembangan pupuk organik di Desa Mulyaguna,”katanya.

Pada kesempatan itu, dilaksanakan deklarasi Sentra Peternakan Rakyat (SPR) Kecamatan Mesuji Raya oleh para pelaku peternak di hadapan Bupati OKI, SPR ini adalah wilayah penghasil populasi ternak minimal 1000 ekor Indukan dan 100 ekor pejantan untuk ternak sapi, sedangkan untuk ternak kerbau sebanyak 500 ekor indukan dan 50 ekor pejantan.(iso) ada foto







Publisher : Ferdin Ferdin

Pewarta Harian Suara Nusantara, www.koransn.com, Mingguan Suara Negeriku.

Lihat Juga

KPU Gelar Launching Pilkada PALI, Ifan Seventeen Hibur Masyarakat PALI

PALI, KoranSN KPU PALI menggelar peluncuran Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati PALI tahun 2024, Sabtu …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!