Satgas Saber Pungli Sumsel Gelar FGD di Lubuklinggau

Walikota Lubuklinggau, H.SN Prana Putra Sohe berbincang dengan Ketua Pelaksana Tim Saber Pungli Sumsel, Kombes Pol Dody Marsidi pada acara FGD di Lubuklinggau. (foto-rifat/koransn.com)

Lubuklinggau, KoranSN

Satuan Tugas Saber Pungli Sumsel menggelar Focus Group Discussion (FGD) di Gedung Kesenian Sebiduk Semare Kota Lubuklinggau, Kamis (6/12/2018).

Acara yang dihadiri Forkomda dan para pejabat empat wilayah Kota Lubuklinggau, Musirawas, Muratara dan Kabupaten Empat Lawang ini, dibuka langsung oleh Walikota Lubuklinggau, H.SN Prana Putra Sohe.

Ketua Pelaksana Inspektur Pengawas Daerah (Irwasda) Sumsel, Kombes Pol Dody Marsidi mengatakan, kegiatan tersebut dilakukan dalam rangka mensosialisasikan Peraturan Presiden No. 87 tahun 2016 tentang Satgas Saber Pungli . Dijelaskannnya, munculnya Perpres tersebut seiring dengan permasalah yang tengah dihadapi bangsa ini.

Ia menuturkan, Tim Saber Pungli sudah memasuki tahun ketiga, pihaknya pun bertekad akan menjalankannya semaksimal mungkin permasalahan Pungli yang terjadi saat ini.

“Sebab di lingkungan kita mulai dari pengurusan SIM, STNK, BPKB, sekolah, kenaikan pangkat, pengurusan nikah, semuanya masih menggunakan jalur samping,” ujarnya.

Baca Juga :   Tiang Listrik Ancam Kediaman Masyarakat

Mantan Irwasda Polda Sumatera Barat ini mengatakan, sejak dibentuk tahun 2016 lalu Tim Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Satgas Pungli) Sumatera Selatan (Sumsel) telah menangani 142 kasus dengan menindak 256 pelaku. Dari 142 kasus itu didominasi pemerasan yang dilakukan preman sebanyak 115 kasus dengan 215 pelaku yang ditindak.

Kemudian yang kedua ditempati Dinas Perhubungan (Dishub) sebanyak 6 kasus dengan 9 pelaku ditindak. Ketiga ditempati Polri dengan 5 kasus dengan jumlah pelaku yang ditindak sebanyak 9 pelaku, lalu keempat Kepala Desa (Kades) dengan jumlah 5 kasus dengan pelaku ditindak sebanyak 5 pelaku.

“Dari jumlah kasus yang ditangani itu ada yang sedang ditangani , ada yang berproses, dan ada yang sudah putusan,” ujarnya.

Namun lanjutnya, apa yang disampaikannya itu tergantung Tim Pungli itu bekerja, namun secara umum apa yang dilakukannya saat ini belumlah maksimal dan masih butuh dukungan masyarakat.

Baca Juga :   38 Finalis Bujang Gadis Banyuasin Unjuk Kemampuan

Sementara Walikota Lubuklinggau, H.SN Prana Putra Sohe mengatakan, SN Prana Putra Sohe mengatakan, atas nama pemkot Lubuklinggau mengatakan selamat datang kepada Unit Pemberantas Pungli di Kota Lubuklinggau.

“Kami Insya Allah, baru mengesahkan anggaran belanja daerah. Untuk mengurangi kesalahan kami akan menerapkan ilmu, sistem dan technologi guna menjadikan Lubuklinggau smart city,” katanya. (rif)

Infografis Lembaga Penyalur LPG di Sumsel

Sosialisasi Penukaran Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Republik Indonesia

Publisher : Awid Durrohman

Awid Durrohman

Lihat Juga

Shafira Nanda Yendra Harumkan Emirates Islamic School Lahat

Lahat, KoranSN Kembali putra-putri terbaik dari Kabupaten Lahat menorehkan prestasi, dalam Kejuaraan Kompetisi Saint Nasional …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.