Sejumlah Gepeng Asal Tangga Buntung Ditangkap di Betung

DIAMANKAN – Nampak sejumlah Gepeng yang diamankan beserta hasil uang mengemis. (foto-siryanto/koransn.com)

Banyuasin, koranSN

Salah satu mobil angkot jurusan Ampera-Pakjo yang membawa sejumlah gelandangan dan pengemis (gepeng) asal Lorong Seregam I Tangga Buntung, Rabu (22/2/2017) sekitar pukul 18 00 WIB ditangkap petugas kepolsian Mapolsek Betung saat melintasi kawasan simpang tiga Betung Banyuasin.

Informasi yang dihimpun, mobil tersebut diamankan setelah petugas berpakaian preman dari Polsek Betung melakukan giat patroli. Dilokasi, petugas melihat mobil angkot asal Palembang yang gerak-geriknya sangat mencurigakan.

Petugas yang berhasil memberhentikan mobil tersebut langsung melakukan pengecekan. Hasilnya, ditemukan lima orang gepeng serta satu orang anak yang kondisinya cacat permanen berada di dalam mobil tersebut.

Kelimanya yakni, masing-masing berinisial ‘IS’, ‘BA’, ‘AI’, ‘JR’, ‘AD’.

Kapolsek Betung, AKP Zulfikar ketika diminta konfirmasi mengatakan, dari hasil introgasi sekelompok gepeng dan anak cacat tersebut dimanfaatkan oleh oknum untuk beraktivitas mengemis dilokasi sasaran.

Baca Juga :   Pembacok Security Dibekuk

“Dari pengakuan para gepeng, mereka berangkat dari Palembang menuju Betung menggunakan angkot Pakjo yang disewa seharga Rp.150 ribu. Mereka biasanya mengemis mulai dari pukul 12.00 WIB siang  hingga 15.00 WIB sore, hasil yang mereka dapat dari mengemis hampir Rp 1 juta yakni; Rp 837 ribu,” katanya.

Dilanjutkan Zulfikar, perlakukan mengemis yang dilakukan para gepeng ini, sudah hampir dua bulan. Mereka biasanya, mencari lokasi strategis, seperti jika di Palembang di kawasasn Kambang Iwak, Pangkalan Balai, dan Betung.

“Mereka biasanya mendatangi, toko-toko, rumah makan dan tempat-tempat keramaian. Bila dibiarkan, mereka  akan meresahkan masyarakat bahkan kemungkinan bisa mengarah ke hal-hal perbuatan pidana kalau dilihat dari bentuk fisiknya yang masih muda-muda dan gagah semua,” jelasnya.

Baca Juga :   Oknum Pelajar SMA di PALI Diduga Jadi Kurir Narkoba

Selanjutnya, para gepeng tersebut akan didata. “Kita akan berkordinasi dengan pihak kecamatan Betung dan Sat Pol PP Banyuasin untuk nantinya mereka akan diarahkan ke Dinas Sosial,” tutupnya. (sir)

Infografis Lembaga Penyalur LPG di Sumsel

Sosialisasi Penukaran Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Republik Indonesia

Publisher : Awid Durrohman

Awid Durrohman

Lihat Juga

Kejati Layangkan Pemanggilan Ketiga Mantan Kakanwil Kemenag Sumut

Medan, KoranSN Tim penyidik Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara (Kejati Sumut) segera melayangkan pemanggilan yang ketiga …