Sejumlah Hal Menarik Tentang Gerhana Bulan Total





Apa yang terjadi selama gerhana bulan?

Gerhana bulan terjadi ketika planet kita berada di antara matahari dan bulan. “Moonglow” sebenarnya adalah pantulan sinar matahari sehingga permukaan bulan secara bertahap menjadi gelap saat bulan jatuh ke dalam bayangan panjang Bumi.

Terkadang, pergerakan langit bulan menyebabkannya hanya menyentuh sebagian bayangan bumi, menyebabkan gerhana bulan parsial, yang seringkali sulit untuk dilihat. Tapi pada gerhana malam ini bulan akan benar-benar terhalang oleh sebagian besar Bumi.

Baca Juga :   Mangkokku Hadirkan Menu Spesial, Gandeng Chef Jesselyn Lawreen

Selama kejadian seperti itu, sejumlah kecil sinar matahari dilensa di sekitar tepi bumi. Atmosfer bumi menyaring semuanya kecuali panjang gelombang yang lebih panjang dan lebih merah, yang diproyeksikan ke bulan.

Cahaya tembaga — kombinasi dari semua matahari terbit dan terbenam di dunia — menciptakan warna merah tua pada bulan selama gerhana total.

“Benar-benar tontonan yang luar biasa,” kata Madhulika Guhathakurta, astrofisikawan di Pusat Penerbangan Luar Angkasa Goddard NASA di Greenbelt, Md. HALAMAN SELANJUTNYA>>

Publisher : Apriandi

Lihat Juga

Bamsoet: Kreativitas dan Karya Anak Bangsa Harus Terus Didukung

Jakarta, KoranSN Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat sekaligus Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!