Sekda Sumsel Usulkan Tegal Binangun Masuk Wilayah Palembang

Sekertaris Daerah (Sekda) Provinsi Sumsel, Nasrun Umar. (Foto-Ferdinand/Koransn)

Palembang, KoranSN 

Sekertaris Daerah (Sekda) Provinsi Sumsel, Nasrun Umar, Selasa (28/11/2017) melakukan rapat dengan pihak Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banyuasin terkait warga Tegal Binangun Kecamatan Plaju Darat yang tidak ingin wilayah mereka masuk dalam wilayah Kabupaten Banyuasin.

Rapat batas wilayah antara Pemkot Palembang dan Pemkab Banyuasin tersebut digelar di ruang rapat Setda Sumsel. Dalam rapat, Sekdamengajak semua pihak untuk duduk bersama dalam mencarikan solusi.

“Dalam hal ini saya mewakili Pemprov Sumsel mengusulkan solusi perihal tindak lanjut warga Tegal binangun yang melakukan unjuk rasa, untuk itu warga Tegal Binangun tetap berada di dalam wilayah Kota Palembang.Namun, pihak Pemkab Banyuasin meminta waktu untuk mendiskusikan kepada pimpinan. Jadi, kita memberikan waktu tiga hari untuk mereka mengambil keputusan apakah menyetujui atau tidak,” ungkap Nasrun Umar.

Menurutnya, dari usulan di dalam rapat bersama yang diwakili Asissten I Pemkot Palembang telah menyetujui dengan adanya usulan tersebut. Namun, pihak Pemkab Banyuasin yang juga diwakili Asissten I belum memtutuskan, sebab pihaknya harus mengambil keputusan bersama, dalam hal ini Bupati dan DPRD Banyuasin.

Dikatakannya, bahwa dari usulan dan saran yang diberikan pihak Pemprov bukan tidak berdasar. Dimana usul tersebut berdasarkan keputusan rapat-rapat terdahulu, terutama rapat update terakhir yang dipimpin oleh tim dari Kemendagri pada tanggal 27-29 Juli tahun 2017 lalu.

Baca Juga :   Gubernur Alex Noerdin Terima Kunjungan Komisi X DPR RI

Isinya, ialah batas wilayah antar wilayah Pemkot Palembang dan Banyuasin pada lampiran PP Nomor 23 tahun 88 untuk menjadi pedoman, namun sampai ada kesepakatan lebih lanjut antara Pemkot Palembang dan Pemkab Banyuasin, kemungkinan ada perubahan tidak berdasarkan peta lampiran tersebut.

“Kita memutuskan hal seperti ini harus berlandaskan kepada kondisi sosial ekonomi masyarakat di sana, serta sosiologisnya bagaimana. Kemudian, aspirasi yang disampaikan dalam unjuk rasa kemarin juga menjadi bahan pertimbangan,” katanya.



Publisher : Imam Ndn

Lihat Juga

Heri Amalindo Ajak Masyarakat Umrah Syawal Bareng Mang Heri

Palembang, KoranSN Dengan tema Umroh Syawal Bareng Mang Heri, Bupati PALI Dr Ir H Heri …

error: Content is protected !!