Sekilas Tentang Asal-Usul Marga Sakotigo dan Rumah Pangeran Syafi’i









Rumah Pangeran Syafi’I, di Desa Sakotigo dibangun pada tahun 1924. (Foto-Istimewa)

SAKATIGA adalah nama desa yang berada di Kecamatan Indralaya (Indrolayo), Kabupaten Ogan Ilir, Sumatra Selatan, Indonesia.

Berdasarkan sejarah yang disalin oleh Abdul Wahab Sja’roni dari tulisan ayahnya Pangeran Depati Syafi’I Djayadiningrat pada 18 November 1929, asal mula desa Sakatiga merupakan perpaduan dari tiga orang dari suku yang berbeda, yaitu: Puyang Sebetung dari Suku Penesak, Puyang Sangtiko dari suku Belida dan Puyang Bakaliantang berasal dari suku Jawa-Mataram Kuno.

Penduduk keturunan suku Belida mendiami sebelah ilir dari sungai Ogan, Keturunan suku penesak mendiami sebelah Ulu sungai Ogan dan suku Jawa mendiami bagian tengah.

Setelah Puyang Bakaliantang menghadap Sunan Palembang, maka dengan restu Sunan dibentuklah nama dusun dengan Sukutiga yang dipimpin oleh Bakaliantang sebagai yang dituakan dan dibantu oleh Sebetung dan Sangtiko.

Beberapa tahun kemudian, ketiga tokoh (Sebetung, Sangtiko dan Bakaliantang) mendirikan Dusun Lubuksakti yang dipimpin oleh Lurah Jagur dan Dusun Inderolayo. Lalu menyusul Dusun Ulakbedil (pecahan dari Sungai Keroi Musi).

Baca Juga :   Wahup: "Sleman Temple Run" Berdampak Positif Tingkatkan Wisatawan

Setelah ketiga tokoh tersebut meninggal dunia, maka yang mula-mula menjadi Pesirah di Marga Sakotigo adalah Depati Mentok sampai meninggal dunia, lalu Pesirah Sakotigo diganti oleh Aliadin, dilanjutkan oleh Depati Djalal (ketiga Pesirah bukan keturunan; semuanya orang lain). HALAMAN SELANJUTNYA>>











Publisher : Apriandi

Lihat Juga

Pemprov Riau Tawarkan 12 Destinasi Wisata Pada Libur Lebaran 2024

Pekanbaru, KoranSN Dinas Pariwisata Provinsi Riau menawarkan 12 destinasi wisata berupa wisata alam, budaya, sejarah …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!