Selama Berstatus Plt, Beni Bisa Mencalon Bupati Atau Wakil Bupati



Ahmad Naafi.
Ahmad Naafi.

Palembang, KoranSN

Pelaksana tugas (Plt) Bupati Musi Banyuasin (Muba) Beni Hernedi dipastikan bisa mencalonkan diri sebagai calon bupati (Cabup) atau calon wakil bupati (Cawabup) pada Pilkada Muba, 2017 mendatang, selama masih berstatus Plt, dan belum didefinitifkan.

Hal ini diungkapkan Komisioner KPU Sumsel, Ahmad Naafi, Kamis (8/9/2016).

Menurut Naafi, dalam peraturan KPU nomor 5 dan undang-undang (UU) no 10 tahun 2016 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati dan Walikota dinyatakan gubernur tidak dapat mencalonkan diri sebagai wakil gubernur, atau bupati/walikota tidak dapat mencalonkan diri sebagai wakil bupati/wakil walikota pada daerah yang sama.

Baca Juga :   Jabat Staf Ahli Jaksa Agung, Jajaran Kejati Sumsel Lepas Sugeng Purnomo

Dikatakan Naafi, sebelum menetapkan calon, KPU akan meneliti statusnya terlebih dahulu, terutama bagi calon petahana. Bagi bupati akan diperiksa legalitasnya, seperti ada keputusan Mendagri.

“Kalau masih berstatus Plt (Beni), tentunya dapat mencalon bupati maupun wakil, karena Plt itu hanya sebagai pelaksana, tetapi pada hakikatnya masih berstatus wakil bupati. Namun, jika nanti statusnya sudah didefinitifkan sebagai bupati, secara otomatis tidak dapat mencalon sebagai wakil bupati,” terang Naafi.  (awj)

Publisher : Anton Wijaya

Lihat Juga

Herman Deru Optimalkan Percepatan Pemulihan Ekonomi Melalui Penyaluran Bansos

Palembang, KoranSN Gubernur H Herman Deru meminta para kepala daerah atau bupati dan walikota di …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.