Selamat Datang Pilkada Palembang 2018









Nama Akbar Alvaro, yang memiliki latar belakang pengusaha, hingga kini belum jelas arah dukungannya. Ada kabar putra tokoh Sumsel Afandi Uji ini, akan menjajaki kemungkinan menjadi calon independent. Hal ini juga diamini oleh Komisioner KPU Palembang Abdul Karim. “Sejauh ini, sudah ada yang berkoordinasi soal peluang independent, terakhir timya (Akbar) Alvaro yang berkonsultasi,” kata Karim.

Menyikapi banyaknya ‘wajah baru’ yang mengambil peran di pilkada Palembang ini, Pengamat Politik dari Universitas Sriwijaya (Unsri), DR Febrian menilai, sulit bagi kandidat ‘muka baru’ untuk bersaing jika tidak memiliki gebrakan atau sesuatu yang menonjol.

Namun demikian katanya, kesempatan masih terbuka lebar, karena untuk bersaing sangat bergantung pada elektabilitas yang dimiliki.

Baca Juga :   Loyalitas Anak Negeri dan Semangat Proklamasi

“‘Muka baru’ ini harus punya kemampuan lebih, mereka juga harus benar-benar berhitung. Masih tidak menutup kemungkinan untuk meraih suara signifikan, namun itu butuh modal dan gebrakan cukup besar,” ungkap Febrian.

Sebagaimana diketahui, untuk maju di pilkada Palembang sedikitnya memenuhi syarat dukungan 10 kursi DPRD. Menariknya, komposisi kursi di DPRD Palembang mewajibkan partai untuk berkoalisi dalam mengusung satu pasangan calon.

Secara rinci, PDI Perjuangan memperoleh jatah kursi terbanyak 9 kursi. Kemudian 7 kursi lagi diisi kader Demokrat. Partai Golkar kebagian 6 kursi.

Setelah itu PKB dengan 5 kursi, Nasdem juga 5 kursi, Partai Gerindra 5 kursi, Partai Hanura 3 kursi, PKS 3 kursi, PAN 3 kursi, PBB 2 kursi, PPP 2 kursi.

Baca Juga :   Kapan Korupsi Bisa Lepas dari Negeri ini?

“Tidak ada satupun partai yang dapat mengusung calonnya sendiri,” kata Komisioner KPU Palembang, Abdul Karim.

Dari serangkaian bahasan ini, penulis berkesimpulan, head to head besar kemungkinan dapat terwujud di Pilkada Palembang tahun 2018 mendatang. Kandidat terkuat untuk mengisi ‘perang’ politik tersebut, yakni Sarimuda-Abdul Razak dan pasangan incumbent Harnojoyo-Fitrianti Agustinda. Kita tunggu saja, sembari berharap Bumi Sriwijaya menghasilkan pemimpin yang mampu mengayomi masyarakatnya dan membangun kota lebih baik lagi. Selamat datang Pilkada Kota Palembang 2018. (Anton Wijaya)











Publisher : Awid Durrohman

Lihat Juga

Kapal Pengangkut Batubara Tabrak Plaza Dermaga 7 Ulu

Palembang, KoranSN Sebuah kapal tongkang pengangkut batubara menabrak Plaza Dermaga 7 Ulu, Kota Palembang, menyebabkan …

error: Content is protected !!