Seluruh Puskesmas Wajib Akreditasi

Hj Ida Fitriati. (foto-dok/asnadi/korasn.com)

Pagaralam, KoranSN

Guna peningkatan mutu pelayanan, tahun 2017 ini, Pemerintah Kota (Pemkot) Pagaralam mencanangkan dua Unit Pelayanan Teknis Daerah (UPTD) Puskesmas, diajukan untuk menjadi Puskesmas terakreditasi. Walikota Pagaralam, dr Hj Ida Fitriati MKes mengungkapkan, dirinya berharap UPTD Puskesmas Sandar Angin bisa mencapai akreditasi, sehingga lebih profesional lagi dalam melayani masyarakat dengan SDM bermutu. “Semoga UPTD Puskesmas Sandar Angin tercapai akreditasinya, sehingga lebih profesional dalam melayani masyarakat, dengan SDM yang bermutu,” ujarnya, Senin (27/2/2017).

Menunjang pencapaian akreditasi Puskesmas tesebut, Pemkot Pagaralam melalui Dinas Kesehatan Kota Pagaralam menggelar sosialiasi akreditasi UPTD Puskesmas Sandar Angin tahun 2017, di Balai Kantor Kecamatan Dempo Tengah, Kelurahan Pelang Kenidai, Kecamatan Dempo Tengah. “Berdasarkan Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) No.75 tahun 2017 tentang akreditasi Puskesmas. Pada tahun 2020 mendatang, seluruh Puskesmas wajib terakreditasi,” ungkap Kepala Dinkes Kota Pagaralam, Lili Ernani SE Mkes, melalui Sekretaris Misnan S SIp MM, belum lama ini.

Baca Juga :   Tekan Angka Kasus DBD Dinkes Penyuluhan Cara Penangulangan DBD

Diakui Misnan, adapun dua UPTD Puskesmas di Kota Pagaralam di tahun 2017, yang diajukan untuk menjadi Puskesmas terakreditasi, yakni UPTD Puskesmas Bumi Agung dan juga UPTD Puskesmas Sandar Angin. “Insya allah penilaiannya akan dilaksanakan di bulan April mendatang, langsung dari Kemenkes RI didampingi Dinkes Provinsi Sumsel. Tahun depan kita akan mengusulkan UPTD Puskesmas Sidorejo dan UPTD Puskesmas Bandar. Sisanya, pada tahun berikutnya, yaitu UPTD Puskesmas Gunung Dempo dan UPTD Puskesmas Pengaringan,” terangnya.

Mengenai poin penilaian akreditasi tambah Misnan, Sumber Daya Manusia (SDM) harus ada dari umum, dokter gigi, petugas rekam medik, petugas labor dan lain-lain, termasuk juga Sarana dan Prasarana (Sanpras) penunjang pelayanan kesehatan. Untuk pembinaan diberikan Dinkes, terdapat tim pendampingan 3 orang ikut pelatihan. “Semoga dengan adanya kerjasama dari Puskesmas dan Tim Pendamping, semua yang menjadi harapan bisa tercapai,” harapnya. (asn)

Baca Juga :   Kantor Pos Ranau Launching BST Tahap II KPM Kecamatan Banding Agung
Infografis Lembaga Penyalur LPG di Sumsel

Sosialisasi Penukaran Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Republik Indonesia

Publisher : Awid Durrohman

Awid Durrohman

Lihat Juga

Gubernur Herman Deru Bikin OKUS Maju Pesat

OKUS, KoranSN Sejak dua tahun terakhir Bupati Ogan Komering Ulu Selatan (OKUS), H Popo Ali …