Sembilan Fraksi DPRD Sumsel Sampaikan Pemandangan Umum Terhadap 6 Raperda



Pimpinan DPRD Sumsel bersama Sekda Sumsel saat rapat paripurna ke-XLII di Ruang Rapat Paripurna DPRD Provinsi Sumsel, Selasa (6/3/2018). (Foto-foto/Istimewa)

Palembang, KoranSN

Sebanyak sembilan fraksi Dewan Perwakilan Rakyat Derah (DPRD) Provinsi Sumatra Selatan (Sumsel) menyampaikan pemandangan umum terhadap Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Provinsi Sumsel dalam sidang Paripurna ke XLII (42) di Ruang Rapat Paripurna DPRD Provinsi Sumsel Jalan Pom IX Palembang, Selasa (6/3/2018).

Sidang Paripurna yang dipimpin oleh Wakil Ketua DPRD Sumsel dari Partai Golkar, Muhammad Yansuri dan dihadiri oleh Sekda Prov Sumsel, Nasrun Umar serta 38 Anggota DPRD Sumsel.

Juru bicara (Jubir) dari Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Usman Effendi mengatakan,terkait Raperda tentang Perubahan Perusahaan Daerah Pertambangan dan Energi (PDPDE) menjadi PT Sumsel Energi Gemilang dapat dilakukan dengan baik. Mengenai kewajiban dan hutang piutang PDPDE agar dapat diselesaikan secepatnya.

Baca Juga :   Jelang Idul Adha 2024, Harga Hewan Kurban di Surabaya Melonjak 15 Persen

Selanjutnya, Raperda sekolah gratis perlu dilakukan karena peraturan perundang-undangan telah mengalami perubahan. Raperda tentang Restribusi Jasa Usaha, Fraksi PDI P menilai pendapatan daerah dari sektor ini mutlak dilakukan karena efisiensi anggaran sehingga diperlukan cara-cara baru untuk meningkatkan pendapatan. Raperda tentang pengelolaan barang milik pemerintah Prov Sumsel segera diselesaikan.

Penyampaian pemandangan umum terhadap Raperda Provinsi Sumsel.

“Raperda tentang Fasilitas Kemudahan Pajak dan Retribusi di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Api-Api sangatlah tepat dan dibutuhkan. Sedangkan Raperda tentang Tugas Belajar dan Beasiswa agar tidak berbenturan dengan Perda yang mengatur tugas belajar SDM, kesehatan,” ungkapnya.

Hal yang sama juga disampaikan Fraksi Golongan Karya (Golkar) melaui Jubir, Lindawati Syaropi. Begitu juga Fraksi Gerindra serta beberapa fraksi lainnya. Kebanyakan fraksi menyetujui asalkan dengan catatan, terus diperhatikan dan dikerjakan.

Baca Juga :   HD-MY Realisasikan Program Pro Rakyat

Sementara itu, dari Keenam Raperda yang dimaksud adalah Raperda tentang Perubahan atas Perda Nomor 12 Tahun 2017 tentang Perubahan Bentuk Badan Hukun Perubahan Daerah Pertambangan dan Energi menjadi Perseroan Terbayas Sumatera Selatan Energi Gemilang. Kedua mengenai Raperda tentang Perubahan Ketiga atas Perda Nomor 3 Tahun 2009 tentang Program Sekolah Gratis. Kemudian yang ketiga yakni mengenai Rancangan Perda tentang Perubahan Kelima atas Perda Nomor 4 tahun 2012 tentang Retribusi Jasa Usaha.

Selanjutnya yang ke empat yaitu mengenai Raperda tentang Pengelolaan Barang Milik Pemerintah Provinsi Sumsel. Kemudian yang kelima tanggal 26 Januari tahun 2018 mengenai Rancangan Perda tentang Fasilitas dan Kemudahan Pajak Daerah dan Retribusi Daerah di kawasan Ekonomi Khusus TAA. Serta yang keenam mengenai Raperda tentang perubahan Perda nomor 17 tahun 2010 tentang Tugas Belajar dan Bea Siswa. (rgn)

Sekda Sumsel, Nasrun Umar saat menerima berkas Rapreda usai rapat paripurna ke-XLII.






Publisher : Apriandi

Lihat Juga

Airlangga Hartarto Puji Kinerja Pertumbuhan Ekonomi Sumsel Tetap Solid dengan Inflasi Terjaga

Palembang, KoranSN Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel), Elen Setiadi SH MSE bersama Forum Koordinasi …

error: Content is protected !!