Semidang Rindu, Air Terjun di Negeri di Atas Awan

Mario Andramartik bertopi paling depan dan rekan saat berfoto di Air Terjun Semidang Rindu Lahat. (foto-ist)

KEINDAHAN panorama alam kabupaten Lahat tak pernah akan habis untuk di-explore. Saat ini telah terdata 131 air terjun di Kabupaten Lahat dengan ketinggian dan keindahan yang bervariasi. Dalam kurun waktu 5 tahun ini Lembaga Kebudayaan dan Pariwisata “Panoramic of Lahat” tak henti-hentinya mendata potensi alam dan budaya Kabupaten Lahat.

Untuk yang telah diakui secara nasional adalah megalitik. Pada tahun 2012 Panoramic of Lahat telah mendapat rekor MURI sebagai Kolektor Data Megalitik Terbanyak se Indonesia. Kali ini Panoramic of Lahat juga telah mendaftarkan air terjun Kabupaten Lahat sebagai air terjun terbanyak se-Indonesia.

Kali ini tim Panoramic of Lahat melanjutkan penjelajahan ke air terjun Semidang Rindu di Desa Tunggul Bute Kecamatan Kota Agung Kabupaten Lahat. Untuk menuju ke air terjun ini dari Kota Lahat dapat menggunakan kendaraan roda dua atau roda empat. Dari Kota Lahat ke arah Kota Pagaralam dan di pertigaan simpang Asam di kilometer 33 dari Kota Lahat belok ke kiri ke arah Kota Agung/Semendo lalu di desa Sukarame belok kanan. Setelah perjalanan 3 km di pertigaan desa Pandan Ara Ulu belok ke kiri dan menyusuri jalan berbatu menuju desa Tunggul Bute.

Dari sini perjalanan menanjak menyisir tepi tebing di ketinggian 1.400an mdpl. Sering kali kami harus membunyikan klakson di setiap tikungan tajam untuk menghindari tabrakan karena jalan sangat sempit. Jalanan terus mendaki dengan pemandangan di sebelah kanan berupa tebing dan di sebelah kiri berupa jurang dengan hamparan perkebunan kopi di lereng Bukit Barisan.

Setelah melakukan perjalanan sejauh 10 km tibalah di batas desa Tunggul Bute dan di sebelah kiri jalan terlihat jelas pemberitahuan Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro dan Air Terjun Semindang Rindu. Kendaraan kami berhenti disini dan kami melanjutkan perjalanan berjalan kaki sejauh 200 meter menyusuri kebun kopi. Jika menggunakan kendaraan roda dua dapat parkir tepat di atas air terjun dan dilanjutkan dengan jalan menuruni sekitar 50 anak tangga lalu menyusuri sungai sejauh 20 meter dan akan menikmati keindahan air terjun Semidang Rindu dengan ketinggian sekitar 15 meter.

Baca Juga :   Kalsel Siapkan Perjalanan Wisata untuk Peserta MTQ Nasional

Air terjun ini sangat alami dengan airnya yang sangat jernih membentuk danau kecil dibawahnya. Air terjun ini disebut Air Terjun Semidang Rindu Atas.

Sedang untuk menikmati Air Terjun Semidang Rindu Bawah maka kami kembali berjalan menaiki tangga dan kembali ke atas air terjun lalu berjalan sekitar 20 meter dan menuruni puluhan anak tangga yang terbuat dari plat baja dengan kemiringan mencapai 80 derajat. Di samping anak tangga terdapat pipa baja berwarna biru dengan diameter sekitar 30 cm sebagai sarana untuk mengalirkan air untuk membangkitkan generator dibawahnya. Yah air terjun Semidang Rindu Bawah telah berfungsi sebagai Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro dengan kapasitas produksi listrik sekitar 1 megawatt yang telah menerangi Desa Tunggul Bute di Kabupaten Lahat dan Desa Segamit di Kabupaten Muara Enim.

Publisher : Awid Durrohman

Lihat Juga

Pemprov Riau Tawarkan 12 Destinasi Wisata Pada Libur Lebaran 2024

Pekanbaru, KoranSN Dinas Pariwisata Provinsi Riau menawarkan 12 destinasi wisata berupa wisata alam, budaya, sejarah …

error: Content is protected !!