Semua Kecamatan di PALI Berpotensi Banjir

Drs Rusman Firman, MM
Drs Rusman Firman, MM

PALI, KoranSN

Lima kecamatan dalam wilayah Daerah Otonomi Baru (DOB) Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) yakni, Talang Ubi, Tanah Abang, Penukal, Penukal Utara dan Abab, memiliki potensi terjadinya banjir, apabila hujan deras secara terus-menerus mengguyuri wilayah Bumi Serepat Serasan secara rutin.

Hal tersebut diungkapkan, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten PALI, Drs Rusman Firman, MM, Senin (18/1/2016).

Dikatakannya, seluruh kecamatan yang ada berpotensi terjadinya banjir. Itu semua disebabkan akibat meluapnya penampungan air yang ada di setiap wilayah seperti Batanghari ataupun sungai kecil.

“Jadi, semua wilayah di setiap kecamatan dalam Kabupaten PALI ini memiliki potensi terjadinya bencana banjir. Itu semua disebabkan derasnya hujan dan aliran sungai kecil yang ada biasanya meluap hingga mengenanggi perkebunan bahkan pemukiman warga di sekitar tersebut,” ujarnya.

Baca Juga :   Giliran Desa Karang Agung Terendam Banjir

Lebih lanjut mantan Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten PALI ini mengatakan, pihaknya akan menyiagakan personilnya untuk memantau terjadinya banjir, karena di Kabupaten PALI ini hanya bencana banjirlah yang memiliki potensi bakal terjadi, sedangkan bencana longsor kemungkinan sangat kecil potensi terjadinya.

“Anggota kita semuanya disiagakan, mengingat saat ini sedang memasuki musim hujan. Jadi kita letakan disetiap kecamatan personil kita. Sehingga apabila terjadi genangan air meluap, personil kita langsung action. Namun, kita fokus di Kecamatan Tanah Abang, karena di wilayah tersebut selalu mengalami banjir, sebab mereka kebanyakan bermukim di tepian Sungai Lematang,” jelasnya. (ans)

Publisher : Anton Wijaya

Avatar

Lihat Juga

Heri Amalindo Sembuh dari Corona

PALI, KoranSN Setelah dinyatakan negatif dari Covid-19 oleh Balai Besar Laboratorium Kesehatan (BBLK) Palembang melalui …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.