Sepanjang 2018, Dinkes Muratara Ditemukan 17 Kasus DBD

Fatahul Rahman, Kabid P2P pada Dinkes Muratara. (foto-sunardi/koransn)

Muratara, KoranSN

Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara) mencatat kasus demam berdarah dengue (DBD) di Kabupaten Muratara selama tahun 2018 hingga akhir bulan November sebanyak 17 kasus.

Hal ini dikatakan Kepala Dinas Kesehatan Muratara dr Mahendra melalui Kepala Bidang (Kabid) Pencegahan dan Pengendalian penyakit (P2P), Fatahul Rahman. Rabu (5/12/2018).

“Tercatat kasus DBD di Muratara sampai akhir November 2018 sebanyak 17 kasus, namun ada peningkatan pada bulan November hingga awal Desember. Berdasarkan data kita di bulan November kasus DBD tercatat sebanyak 4 kasus sedangkan di bulan-bulan lainnya hanya 1 atau 2 kasus saja,” terangnya.

Berdasarkan data yang ada, kasus DBD sampai dengan bulan November terjadi hampir di semua kecamatan dalam wilayah Kabupaten Muratara.

Baca Juga :   Sinergi TNI-Polri Ciptakan Rasa Nyaman

“Dari tujuh kecamatan yang ada, hanya dua kecamatan yang belum terkena DBD, yakni Kecamatan Karang Dapo dan Kecamatan Ulu Rawas. Di Kecamatan Nibung ada 3 kasus, Kecamatan Rawas Ilir ada 2 kasus, Kecamatan Rawas Ulu ada 6 kasus, Kecamatan Karang Jaya ada 5 kasus, dan di Kecamatan Rupit ada 1 kasus,” bebernya.

Masih dikatakan Fatahul, saat ini Dinkes Muratara sudah mengirim surat kepada setiap Puskesmas yang ada agar selalu waspada dan kesiapsiagaannya terhadap peningkatan kasus DBD.

“Kita menyarankan ke warga, mereka harus menggalakkan pemberantasan sarang nyamuk dengan 3M plus dan gerakan satu rumah satu jemantik. Jadi, setiap rumah itu harus adanya juru pemantau jentik, dan cara yang paling aman itu tidurnya harus pakai kelambu,” ujarnya.

Baca Juga :   Puluhan Hektar Padi di Bukit Langkap Terancam Gagal Panen

Ia menjelaskan, biasanya nyamuk pembawa penyakit DBD hidup di tempat-tempat yang bersih.

“Bahasa lainya dia ini nyamuk elit dan tidak seperti nyamuk-nyamuk yang ada di siring-siring. Nyamuk nyamuk yang hidup di siring-siring itu, biasanya tidak menimbulkan DBD,” pungkasnya. (snd)

Infografis Lembaga Penyalur LPG di Sumsel

Sosialisasi Penukaran Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Republik Indonesia

Publisher : Awid Durrohman

Awid Durrohman

Lihat Juga

Kawal Pasokan di Lahat, Pertamina Kembali Salurkan 4.520 Tabung LPG 3 Kg Serentak di 18 Titik

Lahat, KoranSN PT Pertamina (Persero) melalui Marketing Operation Region (MOR) II Sumbagsel melakukan berbagai upaya …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.