Setelah Peremajaan Kelapa Sawit, Giliran Kebun Karet Akan Diremajakan



Antusias warga saat menyambut kedatangan Presiden Jokowi. (Foto-Humas Pemprov Sumsel)

Sekayu, KoranSN

Setelah Replanting (Peremajaan) kebun Kelapa Sawit masyarakat Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) berjalan dengan baik, Pemerintah Indonesia juga akan meremajakan kebun karet.

“Kalau ini sudah berjalan kita akan bergerak ke kebun karet,” ujar Presiden Republik Indonesia Joko Widodo dalam acara peremajaan kebun Kelapa Sawit di Kabupaten Musi Banyuasin dan penyerahan sertifikat tanah di Desa Panca Tunggal Kecamatan Sungai Lilin, Jumat (13/10/2017).

Menteri Perekonomian RI, Darwin Nasution mengungkapkan, pemerajaan kebun sawit merupakan program bantuan dari pemerintah kepada masyarakat petani sawit. Dengan syarat kebun sudah bersertifikat dan maksimal empat hektar per kepala keluarga.

“Kita sudah menyiapkan bibit sawit unggulan, serta bibit Jagung dan Kedelai untuk tanam tumpang sari,” paparnya.

Sementara itu, Bupati Kabupaten Musi Banyuasin, Dodi Reza Alex mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Pusat yang telah menjadikan Bumi Serasan Sekate file project repalanting kebun Kelapa Sawit.

“Bertahun-tahun petani sawit menantikan program ini, Alhamdulillah dalam sejarah Kabupaten Muba baru kali ini kedatangan Presiden yang peduli pada perekebunan sawit masyarakat,” kata Dodi.

Lanjut Dodi, replanting ini merupakan langkah strategi untuk menerapkan program perkebunan kelapa sawit berkelanjutan, ramah lingkungan dan memperhatikan aspek-aspek sosial. Serta dapat memperkuat persawitan nasional.

Baca Juga :   Menuju Pusat Jantung Terpadu, RSUD Sekayu Kembali Lakukan Operasi Jantung Terbuka

Dalam acara tersebut dilaksanakan juga penandatanganan kesepakatan bersama antara Kementrian Pertanian, BPDP Kelapa Sawit, Koperasi Petani dan perusahaan mitra, diantaranya; PT Ivo Mas Tunggal dari Sinar Mas Agrobisnis, PT Brahma Binabakti dari Triputra Agro Persada, PT Perdana Inti Sawit Peekasi, PT Indo Sawit Perkasa dari Asian Agri serta Direktur BRI. (tri)



Publisher : Apriandi

Lihat Juga

KPU Lubuklinggau Selesai Gelar Rekapitulasi, Penetapan Caleg Terpilih Tunggu Juknis dari KPU Provinsi Sumsel

Lubuklinggau, KoranSN Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Lubuklinggau Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) telah selesai menggelar …

error: Content is protected !!