Siapkan Dana Rp 58 Miliar untuk Tanggap Darurat

Ucok Hidayat. (foto-dok/awik/koransn.com)

Palembang, KoranSN

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumsel melalui Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga (PUBM) dan Tata Ruang Sumsel menyiapkan dana Rp 58 miiar untuk kondisi tanggap darurat. Hal ini diungkapkan Kepala Dinas PUBM dan Tata Ruang Sumsel, Ir Ucok Hidayat usai dilantik Gubernur Sumsel, H Alex Noerdin di ruang tamunya, Senin (6/3/2017).

“Di tahun ini kami anggarkan dana tanggap darurat itu sebesar Rp 58 miliar,” katanya.

Dijelaskannya, dana Rp 58 miliar tersebut lebih tinggi dibandingkan tahun lalu yakni Rp 20 miliar. Namun, dirinya mengaku hal ini bukan dikarenakan adanya peningkatan melainkan di tahun lalu terjadi efisiensi dari pemerintah pusat sehingga beberapa kegiatan pun harus dipangkas dan menyesuaikan dengan anggaran yang ada.

“Jadi ini terkesan seperti adanya peningkatan padahal tidak ada peningkatan hanya di tahun lalu ada efisiensi,” ujarnya.

Diterangkannya, dana tanggap darurat ini digunakan untuk memperbaiki atau membuka akses jalan yang putus akibat terjadinya bencana alam seperti banjir ataupun longsor. Berdasarkan tahun lalu, lanjut Ucok, ada beberapa daerah yang akses jalannya terputus akibat bencana tersebut. Daerah ini didominasi dataran tinggi seperti OKU Selatan, Pagar Alam, Empat Lawang, Muara Enim dan jalan kaki bukit barisan.

Baca Juga :   Tugas Kepolisian dan Jaksa di Tengah Wabah Covid-19

Menurutnya, dana yang disiapkan untuk tanggap darurat ini sendiri belum optimal karena memang untuk memperbaiki jalan yang putus akibat banjir dan longsor membutuhkan dana yang cukup besar. Sebab, perbaikannya itu bersifat membangun baru dan bukan perbaikan.

“Tapi, dengan dana yang seperti saat ini yang penting akses jalan terbuka dulu sehingga kendaraan dapat lewat dan ekonomi pun dapat tetap berjalan,” terangnya.

Terkait pelantikan, dirinya menambahkan, jabatan ini merupakan amanat dari Gubernur Sumsel agar penanganan kondisi jalan rusak menjadi fokus karena menjadi sorotan Menteri PU-PR “Gubernur Sumsel telah menginstruksikan secara tegas penanganan kondisi kerusakan jalan,” jelasnya.

Baca Juga :   Tahapan Seleksi Panwascam Dimulai 25 September

Dirinya mengaku sangat memahami apa yang tengah diupayakan oleh orang nomor satu di Sumsel tersebut. Bahkan, Gubernur Sumsel secara khusus meminta bantuan Komisi VI DPR RI yang berkunjung ke Sumsel, agar dapat mendorong pemerintah pusat lebih keras lagi menangani masalah serius ini.

“Apalagi dalam waktu dekat Sumsel menjadi salah satu tuan rumah Asian Games. Jadi dalam waktu dekat saya akan siapkan langkah-langkah efektif untuk melaksanakan pekerjaan ini sesuai dengan apa yang diinstruksikan Gubernur Sumsel,” tandasnya. (wik)

Infografis Lembaga Penyalur LPG di Sumsel

Publisher : Awid Durrohman

Awid Durrohman

Lihat Juga

Butuh Lima Kendaraan Dinas, Bawaslu Palembang Minta Bantuan ke Pemkot

Palembang, KoranSN Guna memaksimalkan kinerja selaku badan pengawasan, Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Palembang …