Simpati Kabut Asap, Gerindra Gelar Bakti Sosial

Anggota DPR RI Edhy Prabowo dan Ketua DPD Gerindra Saifudin Aswari saat acara bakti sosial Fraksi Partai Gerindra.
Anggota DPR RI Edhy Prabowo dan Ketua DPD Gerindra Saifudin Aswari saat acara bakti sosial Fraksi Partai Gerindra.

Palembang, SN

Bencana kabut asap menjadi perhatian seluruh lapisan masyarakat Indonesia, tak terkecuali, Fraksi Partai Gerindra DPR RI dan DPRD Sumsel serta Persatuan Istri Anggota Dewan Gerindra (Pindra). Mereka pun menggelar bakti sosial sebagai wujud meringankan beban korban yang terpapar kabut asap.

Bakti sosial nasional ini dipusatkan di dua tempat, kawasan pasar 16 Ilir, Palembang dan di Desa Tanjung Batu Seberang, Kecamatan Tanjung Batu, Ogan Ilir (OI), Kamis (5/11).

Dalam kesempatan itu, Wakil Ketua Umum Partai Gerindra yang juga Ketua Komisi IV DPR RI, Edhy Prabowo meminta pemerintah lebih tegas dalam menyikapi kabut asap yang menyelimuti sejumlah wilayah di tanah air. Kalau perlu, pemerintah harus mengevaluasi kembali ijin pengelolaan lahan-lahan gambut yang ada di tanah air.

“Asap yang menyelimuti sejumlah wilayah di Sumsel kali ini sangat parah. Kedepan masalah ini jangan terulang lagi. Kalau perlu izin-izin di lahan gambut di evaluasi kembali,” kata Edhy.

Dikatakannya, selain memperjuangkan anggaran untuk penanganan hutan dan lahan, Fraksi Partai Gerindra DPR RI sebelum masa reses telah patungan uang Rp12 juta, untuk di dedikasikan kepada masyarakat yang terkena dampak kabut asap.

“Dana yang terkumpul kita berikan kepada korban kabut asap melalui acara Bakti Sosial Nasional Peduli pasca bencana asap Sumatera di Desa Tanjung Batu Seberang, Kabupaten Ogan Ilir (OI) setelah di Palembang,” ujarnya.

Ketua DPD Partai Gerindra Sumsel Saifuddin Aswari menambahkan, selain kabut asap, PR (pekerjaan rumah) besar pemerintah adalah dalam mengatasi masalah harga komoditi pertanian yang terus anjlok, seperti harga karet, sawit dan lainnya.

Sementara itu Sekretaris DPD Partai Gerindra Sumsel, Nopran Marjani mengatakan, dalam bakti sosial ini, panitia membagikan 500 paket sembako, peralatan sekolah untuk anak-anak, obat-obatan berupa tetes mata, dan masker.

“Selain itu, kita juga memberikan bantuan vitamin C dan obat-obatan. Kita juga membuka pengobatan gratis dengan dibantu 3 orang dokter dan 5 perawat,” ujar Wakil Ketua DPRD Sumsel ini.

Baca Juga :   Eva Susanti dan Amalia Sobli Masih Aman, Ratu Teny Leriva Ancam Incumbent

Ditempat yang sama, Ketua Pindra DPR RI, Himmatul Aliah mengatakan, sebelumnya masa reses pihaknya menggelar bakti sosial di wilayah-wilayah yang terkena dampak bencana asap, yaitu Riau, Jambi, Sumsel, dan Kalimantan Tengah.

Secara teknis, kegiatan ini dilaksanakan dengan membagi-bagikan masker, tabung oxygen, vitamin, obat-obatan, makanan ringan, serta sembako kepada masyarakat yang membutuhkan bantuan. Partai Gerindra juga membuka layanan kesehatan dan ambulans di kantor DPD dan DPC yang dapat diakses oleh masyarakat secara cuma-cuma.

“Sebenarnya kegiatan ini sudah dilakukan secara sporadis di setiap DPC selama 2 bulan terakhir. Kali ini kami turun langsung untuk berkoordinasi agar penanganan lanjutan terhadap korban asap dilakukan secara tepat,” ujar Himmatul Aliah.

Lebih lanjut, Ketua Pindra ini mengajak agar seluruh lapisan masyarakat turut bergabung bersama Partai Gerindra untuk memobilisasi bantuan bagi masyarakat yang jatuh sakit setelah sekian lama menghirup asap akibat kebakaran hutan. (awj)





Publisher : Anton Wijaya

Lihat Juga

M Nasir Caleg DPRD Sumsel Silaturahmi dengan Ibu-ibu Pengajian di Galang Tinggi

MUHAMMAD Nasir SSi, Caleg DPRD Provinsi Sumsel Periode 2024-2029 Nomor Urut 4 dari Partai Golkar …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!